Kompolnas: Kapasitas Stadion Kanjuruhan 30 Ribu Penonton, Panpel Cetak Tiket Lebih

Selasa, 4 Oktober 2022 13:51 Reporter : Darmadi Sasongko
Kompolnas: Kapasitas Stadion Kanjuruhan 30 Ribu Penonton, Panpel Cetak Tiket Lebih Suasana kericuhan di laga Arema FC vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan. ©2022 REUTERS/Stringer

Merdeka.com - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menemukan fakta baru terkait tragedi Kanjuruhan pada Sabtu (1/10) Kemarin. Berdasarkan penelusuran, diduga tiket pertandingan Arema FC lawan Persebaya dicetak melebihi kapasitas daya tampung stadion yaitu 30 ribu orang.

"Kemarin kami ketemu Bupati, kapasitas stadion hanya 30 ribu tapi yang dicetak panpel (panitia pelaksana) itu lebih dari itu," kata Komisioner Kompolnas Albertus Wahyurudhanto kepada wartawan di Malang, Selasa (4/10).

Dari temuan itu, Kompolnas menyebut di lapangan ada yang tidak menjalankan instruksi. "Itulah sementara Kapolri mencopot Kapolres yang bertanggung jawab dan Danton sekarang sedang diperiksa Bareskrim, Propam. Kalau ada pelanggaran pidana wilayah Reskrim, kode etik (ditangani) Propam," lanjutnya.

Selain itu saat pertandingan berjalan setengah mainan, Kompolnas mendapat informasi bahwa para penonton masih memakai gelang tiket. Kondisi di tribun penuh penonton.

2 dari 2 halaman

Sedangkan untuk pengamanan, kendaraan taktis barakuda juga sudah disiapkan setelah selesai pertandingan. Dua kendaraan itu disiapkan. Namun karena di luar stadion ramai massa, sehingga barakuda tidak bisa keluar.

Pertandingan tersebut dikawal petugas gabungan sebanyak 2.000 personel. Terdiri dari 600 personel Polres Malang, 1.400 bantuan dari Polres lain, Brimob, TNI.

"(Semua temuan) kami laporan ke Ketua Kompolnas. Beberapa rekomendasi akan kita sampaikan. Kejadian ini akan kita sampaikan," pungkasnya. [cob]

Baca juga:
Kompolnas: Semua Polisi Diperintahkan Tak Bawa Senjata Gas Air Mata ke Kanjuruhan
Kompolnas Akui Intelijen sudah Ingatkan Risiko soal Jadwal Arema FC-Persebaya
Dukung Tim Independen Tragedi Stadion Kanjuruhan, PSI Minta Ketua Umum PSSI Mundur
Tragedi Kanjuruhan Renggut 125 Jiwa, Kapolda Jawa Timur Irjen Nico Afinta Minta Maaf
Temuan Kompolnas: Kapolres Malang Tak Perintahkan Tembak Gas Air Mata
Daftar 10 Anggota Polisi yang Dicopot Buntut Tragedi Kanjuruhan
Jokowi Beri Langsung Santunan Rp50 Juta untuk Keluarga Korban Meninggal Kanjuruhan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini