Hot Issue

Komodo Berhadapan dengan Komersialisasi Wisata

Kamis, 29 Oktober 2020 07:03 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
Komodo Berhadapan dengan Komersialisasi Wisata Seekor Komodo menghadang truk proyek di Pulau Rinca. ©2020 @KawanBaikKomodo

Merdeka.com - Viral foto seekor Komodo yang seakan menghadang truk proyek yang tengah mengangkut besi di di Pulau Rinca, Nusa Tenggara Timur (NTT). Foto tersebut memperlihatkan aktivitas pembangunan di kawasan habitat komodo.

Ternyata, proyek tersebut merupakan garapan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Pemerintah sedang membangun salah satu kawasan super prioritas nasional (KSPN) di Loh Buaya, Pulau Rinca.

Pulau itu akan disulap menjadi destinasi wisata premium dengan pendekatan konsep geopark atau wilayah terpadu. Mengedepankan perlindungan dan penggunaan warisan geologi dengan cara yang berkelanjutan. Umumnya dikenal dengan sebutan Jurassic Park.

Pegiat lingkungan langsung mengkritik proyek tersebut karena dikhawatirkan mengganggu genetik dan ekosistem komodo. Atau lebih para lagi, proyek tersebut bisa membuat satwa purbakala itu punah.

Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores (BOPLBF) memastikan pembangunan di Loh Buaya, Pulau Rinca yang masuk dalam kawasan taman nasional (TN) Komodo dilakukan dengan sangat hati-hati dengan mempertimbangkan keamanan dari satwa Komodo.

Direktur Utama BOPLBF Shana Fatinamengatakan pemerintah sangat peduli terkait pelaksanaan pembangunan di zona pemanfaatan Loh Buaya, Pulau Rinca. Dia memastikan pembangunan proyek tersebut sangat hati-hati dan memperhatikan kelestarian komodo.

"Pembangunan di Loh Buaya dilakukan dengan sangat hati-hati. Setiap pagi dilakukan briefing terkait keamanan dan keselamatan baik untuk para pekerja, dan juga yang paling penting adalah keamanan satwa yang ada di Loh buaya, agar jangan sampai ada satwa terganggu, sangat hati-hati dengan api," katanya. Dilansir Antara, Rabu (28/10).

Baca Selanjutnya: Izin Lingkungan Terbit...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini