Komnas KIPI Didesak Segera Ungkap Penyebab Meninggalnya Trio Setelah Divaksinasi

Rabu, 12 Mei 2021 17:02 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Komnas KIPI Didesak Segera Ungkap Penyebab Meninggalnya Trio Setelah Divaksinasi Ilustrasi Vaksin. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Anggota Komisi IX DPR, Rahmad Handoyo mendesak Komnas Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) segera menyelidiki terkait meninggalnya Trio Fauqi Virdaus setelah divaksinasi AstraZeneca. Dia tak ingin wafatnya Trio menimbulkan spekulasi di masyarakat.

"Yang kita dorong saat ini adalah Komnas KIPI untuk segera mengambil observasi penyelidikan secara menyeluruh dan terang dan tidak menimbulkan spekulasi di masyarakat," katanya, Rabu (12/5).

Politisi PDIP ini menegaskan, perlu ada catatan yang harus segera ditindaklanjuti oleh KIPI terkait kejadian tersebut. Terutama adalah mencari penyebab Trio meninggal dunia.

"Untuk itu KIPI untuk bergerak secepat cepatnya untuk mengetahui penyebab meninggalnya, apakah karena ada penyakit bawaan, adakah faktor lain di luar imunisasi, atau karena faktor imunisasi," ujarnya.

Menurutnya, akan menimbulkan keresahan di masyarakat terkait vaksin bila Komnas KIPI tak segera melakukan penyelidikan. Kemudian, harus segera diumumkan ke publik bila kematian Trio tak ada hubungannya dengan imunisasi.

"Dan imunisasi ini terus jalan namun bila KIPI menyimpulkan karena faktor Imunisasi maka KIPI harus merekomendasikan ke pemerintah untuk mengambil langkah mau di bagaimana kan itu vaksin," jelasnya.

"Ini adalah tanggung jawab KIPI untuk memutuskan dan merekomendasikan ke pemerintah. Namun sekali lagi Komnas KIPI harus bergerak cepat biar dapat kesimpulan dan kesimpulan ini pasti ditunggu oleh masyarakat," pungkas Rahmad. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini