Komnas HAM Periksa Irjen Ferdy Sambo Kamis Mendatang

Selasa, 9 Agustus 2022 14:33 Reporter : Bachtiarudin Alam
Komnas HAM Periksa Irjen Ferdy Sambo Kamis Mendatang Komnas HAM gandeng Komnas Perempuan untuk periksa istri Ferdy Sambo. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) telah menjadwalkan pemeriksaan terhadap Irjen Pol Ferdy Sambo pada Kamis (11/8) lusa nanti.

"Kemudian hari Kamis mungkin bisa pagi siang kita sedang mengupayakan jadwal yang fix kita akan memeriksa Pak Sambo," kata Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik kepada wartawan, Selasa (9/8).

Kendati begitu, Taufan mengatakan untuk teknis dan lokasi pemeriksaan masih diusahakan pihaknya berlangsung di Kantor Komnas HAM, di Menteng, Jakarta Selatan.

"Kamis, Kita sedang bernegosiasi kita mintanya periksa disini. Ya kamis lah kita kan belum periksa," sebutnya.

Hal itu mengingat, keputusan dari Inspektorat Khusus (Insus) telah menempatkan Irjen Ferdy Sambo di tempat khusus Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok.

Periksa Putri Candrawathi

Selain itu, Komnas HAM juga menjadwalkan pemeriksaan istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi.

"Sedang dalam fiksasi, tapi hampir fix. Insyaallah dalam minggu ini kita (Komnas HAM dan PC) akan bertemu," kata Taufan Damanik.

Sebelumnya, Komisi Nasional (Komnas) Hak Asasi Manusia (HAM) dan Komnas Perempuan bakal bekerjasama menindaklanjuti kasus dugaan pelecehan seksual yang dialami Putri, istri dari mantan Kadiv Propam Polri, Irjen Ferdy Sambo yang diduga dilakukan Brigadir J.

"Kami ingin menyampaikan, kami tadi berdiskusi dengan Komnas Perempuan, dan kami menyepakati untuk meminta dukungan dari Komnas Perempuan, terkait penyelidikan dan pendalaman terkait kasus dugaan kekerasan seksual," kata Ketua Komisioner Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik saat konferensi pers di kantornya, Senin (8/8). [rhm]

Baca juga:
LPSK Temui Bharada E di Bareskrim untuk Bahas Justice Collaborator
Pengacara Bharada E Ngaku Terima Tekanan: Biasa Itu, Namanya Kita Berperkara
Koordinasi soal Justice Collabolator, LPSK Temui Bharada E di Bareskrim Polri
Anggota Komisi III Sindir Pejabat Umumkan Tersangka Kasus Penembakan Brigadir J

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini