Komnas HAM: Penyerbuan Lapas Cebongan pelanggaran HAM serius

Selasa, 26 Maret 2013 13:44 Reporter : Parwito
Komnas HAM di Lapas Cebongan. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mendatangi Lapas II B Cebongan Mlati Sleman Yogyakarta, Selasa (26/3) untuk mengumpulkan data terkait penembakan yang menewaskan 4 tahanan. Komnas HAM menyimpulkan, penyerbuan itu adalah pelanggaran HAM serius.

"Kasus ini sudah termasuk pada pelanggaran HAM serius berupa penghilangan hak untuk hidup," ujar Ketua Komnas HAM Siti Nurlaila di Lapas Sleman, Yogyakarta, Selasa (26/3).

Komnas HAM juga memberikan perhatian khusus terhadap pemindahan tahanan dari Polda DI Yogyakarta ke Lapas Sleman. Siti juga tengah mempelajari apakah pemindahan tersangka itu sesuai prosedur, termasuk sistem pengamanan dan pengawalan terhadap tahanan.

"Justru ini yang kami persoalkan, ini pembunuhan di luar putusan pengadilan," kata Siti.

Siti menuturkan, pihaknya tengah berkoordinasi dengan pihak terkait seperti lapas, Polda DIY, TNI, Pemerintah Daerah termasuk keluarga korban. "Kita akan koordinasi dengan semua pihak yang terkait dengan kejadian ini," ujar Siti.

Meski disebut-sebut penembakan itu dilakukan oleh TNI, menurut Siti, pihaknya belum menganalisa keterlibatan TNI dalam kejadian ini.

Siti datang bersama tiga anggota Komnas HAM yaitu Sriyana sebagai PLT Koordinator Sub Komisi Biro Penegakan HAM, Arif Setyabudi dan Mimin selaku penyidik untuk mengadakan pertemuan dengan pihak Lapas Cebongan, Sleman, Yogyakarta. [ded]

Topik berita Terkait:
  1. Penembakan Lapas
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.