Komnas HAM Kirim Tim Pantau Penanganan Tragedi Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan

Minggu, 2 Oktober 2022 12:19 Reporter : Ronald
Komnas HAM Kirim Tim Pantau Penanganan Tragedi Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Komnas HAM gandeng Komnas Perempuan untuk periksa istri Ferdy Sambo. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Komnas HAM RI) ikut menyoroti peristiwa yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur (Jatim). Menurut Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik, pihaknya ikut menurunkan tim dalam tragedi itu.

"Menyikapi kerusuhan ini, Komnas HAM RI akan menurunkan tim untuk melakukan pemantauan di Malang," katanya dalam siaran pers yang diterima, Minggu (2/10).

Seperti diketahui, pertandingan antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya, memakan korban jiwa hingga ratusan orang. Diduga akibat gas air mata, korban berjatuhan karena kekurangan oksigen dan terinjak-injak.

Taufan menyampaikan duka cita atas tragedi ini. Tragedi yang mengakibatkan korban meninggal sejumlah 129 orang, serta ratusan korban mengalami luka-luka

"Merespon kerusuhan ini, Komnas HAM RI meminta pemerintah daerah beserta jajaran terkait melakukan penanganan kesehatan yang intensif serta layanan kemanusiaan bagi korban. Komnas HAM RI juga meminta kepolisian untuk mengusut peristiwa ini," tegasnya.

2 dari 2 halaman

Sebelumnya, pemerintah menyesalkan dan memastikan akan memberikan penanganan penuh atas tragedi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, pascapertandingan antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya.

"Saya sudah dapat informasi dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit. Saya juga sudah berkoordinasi dengan Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta. Pemerintah menyesalkan atas tragedi Kanjuruhan. Pemerintah akan menangani tragedi ini dengan baik," kata Menkopolhukam Mahfud MD kepada wartawan, Minggu (2/10).

Mahfud menyampaikan belasungkawa terhadap seluruh keluarga korban. Dia pun meminta semua pihak dapat bersabar dan berkoordinasi dengan aparat penegak hukum dan petugas di lapangan.

"Pemda Kabupaten Malang akan menanggung biaya rumah sakit bagi para korban," kata dia. [tin]

Baca juga:
Pemprov Jatim Beri Santunan Rp10 Juta untuk Korban Meninggal di Tragedi Kanjuruhan
BRI Sampaikan Belasungkawa atas Kericuhan Usai Laga Arema FC vs Persebaya
Jokowi Berduka 129 Orang Meninggal di Tragedi Kanjuruhan
Jokowi Minta PSSI Hentikan Sementara Kompetisi Liga I Buntut Tragedi Kanjuruhan
Jokowi Perintahkan Kapolri Investigasi Tuntas Tragedi di Stadion Kanjuruhan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini