Komnas HAM Kirim Hasil Investigasi Kasus 6 Laskar FPI Tewas ke Jokowi & Mahfud MD

Jumat, 8 Januari 2021 17:45 Reporter : Yunita Amalia
Komnas HAM Kirim Hasil Investigasi Kasus 6 Laskar FPI Tewas ke Jokowi & Mahfud MD Temuan Komnas HAM terkait kasus penembakan 6 Laskar FPI di Tol Cikampek. ©Istimewa

Merdeka.com - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) akan mengirimkan hasil investigasi kasus penembakan 6 Laskar FPI di KM 50 Tol Jakarta-Cikampek pada 7 Desember 2020 ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menkopolhukam Mahfud MD.

"Laporan penyelidikan ini akan di sampaikan kepada Presiden dan Menkopolhukam," kata Choirul saat jumpa pers yang disiarkan secara virtual, Jumat (8/1).

Diharapkan kasus bisa terungkap secara transparan dan profesional. "Komnas HAM berharap pengungkapan peristiwa kematian 6 (enam) Laskar FPI secara transparan, proses keadilan yang profesional dan kredibel," sambungnya.

Sebelumnya, Komnas HAM mendorong kasus tersebut masuk dalam peradilan umum.

Choirul menyebut, saat serempetan mobil dan baku tembak antara pihak FPI dengan petugas kepolisian Polda Metro Jaya yang terjadi di sepanjang KM 49 hingga KM 50 Tol Jakarta-Cikampek, dua orang laskar ditemukan dalam kondisi tewas. Empat lainnya sempat dibawa aparat dalam kondisi hidup sebelum akhirnya tewas ditembak di dalam mobil.

"Terdapat ada informasi tindak kekerasan, penghapusan darah, pemberitahuan itu kasus narkoba, penghapusan CCTV warung, dan isi hp warga sekitar. Kami tanya apakah CCTV warung diambil secara ilegal, mereka jawab mengambil secara legal. Kita tunggu biar diputuskan dalam proses pengadilan," jelas dia.

Lebih lanjut, kasus yang masuk dalam pelanggaran HAM ini tidak cukup hanya diselesaikan lewat internal kepolisian saja. Keseluruhan pihak terkait perlu mempertanggungjawabkan lewat pidana umum. [rhm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini