Komnas HAM Cek Posisi Jenazah Brigadir J dan Bekas Tembakan di Rumdin Ferdy Sambo

Senin, 15 Agustus 2022 17:28 Reporter : Merdeka
Komnas HAM Cek Posisi Jenazah Brigadir J dan Bekas Tembakan di Rumdin Ferdy Sambo Komnas HAM datangi TKP penembakan Brigadir J. ©2022 Merdeka.com/Iqbal Nugroho

Merdeka.com - Komnas HAM menemukan fakta adanya upaya menghalangi proses hukum atau obstruction of justice dalam tewasnya Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabara.

Hal itu disampaikan Komisioner Komnas HAM RI M Choirul Anam usai mengecek langsung lokasi tewasnya Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat di Rumah Dinas mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo di Kompleks Polri RT 5/RW 1, Duren Tiga Jakarta Selatan.

"Ada indikasi obstruction of justice sejak awal. Ketika kami cek di TKP indikasi itu semakin menguat," kata dia di lokasi, Senin (15/8).

Anam menerangkan, Komnas HAM diberi akses untuk melihat kondisi Tempat Kejadian Perkara (TKP). Turut mendampingi Inspektorat Khusus (Irsus) Polri, perwakilan Inafis, perwakilan Pusdokkes, serta perwakilan Puslabfor Mabes Polri.

2 dari 2 halaman

Anam mengatakan, Komnas HAM memvalidasi data-data yang telah dikumpulkan dengan Tempat Kejadian Perkara (TKP) seperti bekas tembakan, posisi jenazah Brigadir J dan lain sebagainya. Menurut Anam, semuanya dinilai ada kecocokan.

"Apa yang kami temukan di dalam sana kami menguji semua yang kami dapatkan. Terkait posisi jenazah dan lain sebagainya juga betul. Dan lokasi yang lain lubang-lubang tembakan juga kami cek dengan bahan yang sudah kami punya ternyata betul," ujar dia.

Anam mengapresiasi keterbukaan tim khusus dalam membantu Komnas HAM melakukan penyelidikan. Menurut dia, proses ini itu mampu membuat peristiwa semakin terang bederang.

"Kami tadi dibukakan misalnya, ini kan wilyah penyidikan sebenarnya ada police line dan sebagainya, police line juga dibuka sama penyidiknya sehingga kami bisa masuk dan melihat langsung secara bebas dan ini kami apresiasi," ujar dia.

Reporter: Ady Anugharadi
Sumber: Liputan6.com [eko]

Baca juga:
Ini Alasan Irwasum Polri Datangi Rumah Dinas Ferdy Sambo Temui Komnas HAM
CEK FAKTA: Jubir Bantah Video Luhut Panjaitan Incar Bekingan Ferdy Sambo
Kuasa Hukum Harap Bharada E Dibebaskan Usai Jadi JC: Dia Tak Berencana Bunuh Teman
Dua Jenderal Polri Pantau Olah TKP Komnas HAM di Rumah Irjen Ferdy Sambo
KPK Selidiki Laporan Dugaan Ferdy Sambo Suap LPSK dan Tersangka Kematian Brigadir J
Ini Hasil Tes Psikologi Istri Ferdy Sambo

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini