Komisi X Keluhkan Perpustakaan Sekolah Membosankan Hingga Pengangkatan Guru Honorer

Kamis, 20 Februari 2020 21:11 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Komisi X Keluhkan Perpustakaan Sekolah Membosankan Hingga Pengangkatan Guru Honorer Mendikbud Nadiem Makarim rapat di DPR. ©Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Anggota Komisi X Fraksi Demokrat Dede Yusuf menyoroti miskinnya koleksi perpustakaan di sekolah-sekolah. Rata-rata perpustakaan di sekolah hanya berisi buku-buku pelajaran.

"Ini sangat membosankan," kata dia, dalam Raker bersama Mendikbud Nadiem Makarim, Jakarta, Kamis (20/2).

Menurutnya, kondisi ini yang menyebabkan perpustakaan-perpustakaan yang ada di sekolah minim kunjungan dari para siswa.

"Ketika kami datang ke perpustakaan rata-rata perpustakaan itu tidak ada yang baca. Kecuali mereka mau ujian baru mereka lihat-lihat. ini penting untuk menghidupkan kembali perpustakaan," imbuhnya.

Karena itu dia meminta agar ke depan, koleksi buku yang di perpustakaan-perpustakaan sekolah bisa lebih diperkaya. Sehingga membangkitkan minat anak didik untuk masuk perpustakaan.

"Anak-anak perlu ada buku-buku tentang instruksional. Mungkin juga fiksi-fiksi yang bermanfaat," jelas dia.

Dia juga menyoroti soal lambatnya Pemerintah dalam mengangkat tenaga guru berstatus CPNS. Dia berpandangan, keterlambatan pengangkatan guru PNS menjadi alasan direkrutnya tenaga guru honorer.

"PNS tiap tahun ratusan bahkan lebih yang pensiun. Sementara pengangkatannya agak tersendat otomatis guru honorer akhirnya terpaksa harus ada. Sementara peraturan pelaksanaan kemarin, pengangkatan guru honorer di daerah dihentikan," ujar dia.

Selain itu, hadirnya guru-guru muda yang diangkat tersebut akan berdampak pada percepatan program-program yang sudah dicanangkan Kemendikbud.

"Saya pikir ini harus jadi satu kebijakan masalah pengangkatan guru PNS atau penambahan guru PNS yang baru yang masih produktif. Untuk bisa menggapai ide-idenya Mas Menteri saya pikir harus segera cepat diadakan," ucapnya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini