Komisi III Tunggu Usulan Nama Kapolri Pilihan Jokowi untuk Fit and Proper Test

Sabtu, 9 Januari 2021 10:06 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Komisi III Tunggu Usulan Nama Kapolri Pilihan Jokowi untuk Fit and Proper Test gedung Mabes POLRI. merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) sudah memberikan nama-nama calon Kapolri pengganti Jendral (Pol) Idham Azis kepada Presiden Joko Widodo. Terkait hal tersebut Wakil Ketua Komisi III DPR, Pangeran Khairul Saleh menuturkan hingga saat ini pihaknya belum menerima nama-nama yang diajukan Jokowi.

"Sampai saat ini belum masuk," kata Pangeran kepada merdeka.com, Sabtu (9/1).

Dia pun menuturkan pihaknya menunggu usulan nama tersebut yang diajukan pemerintah untuk dilakukan fit and proper test.

"Kami dari Komisi III menunggu usulan nama calon kapolri yang diajukan oleh pemerintah untuk selanjutnya dilakukan penilaian fit and proper test," ungkap Pangeran.

Dia pun berharap siapapun yang terpilih harus mampu melakukan reformasi di tubuh kepolisian. Serta mampu membawa kepolisian ke arah yang lebih baik.

"Terpercaya serta menciptakan situasi kamtibmas yang baik dan menjaga motto kepolisian sebagai pelindung dan pengayom masyarakat," kata Pangeran.

Dia juga menjelaskan prosedur pengangkatan kapolri haruslah diyakini sesuai dengan koridor yang sudah diatur dalam UU nomor 2 tahun 2002 tentang kepolisian di antaranya harus berpangkat bintang tiga dan polisi aktif. Sementara itu terhadap nama-nama yang disebut seluruhnya telah memenuhi persyaratan kepangkatan.

"Menurut pengamatan kami seluruhnya calon merupakan kader terbaik di kepolisian karena memiliki rekam jejak yang baik, padat prestasi dan memiliki kemampuan kepemimpinan yang sudah tidak diragukan lagi," ungkap Pangeran.

Walaupun demikian siapa yang akan dipilih kata dia tergantung kewenangan presiden sebagai user. Hal tersebut kata dia sudah tentu memiliki pertimbangan yang lebih ketat lagi baik dalam hal kerja sama loyalitas.

"Mampu mendukung kebijakan pemerintah dan kriteria lainnya yang dinilai penting oleh presiden," kata Pangeran.

Menko Polhukam Mahfud Md membeberkan nama lima jenderal yang sudah masuk ke kantong Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon kapolri.

"Ini 5 nama Komjen Pol. yg diajukan kpd Presiden oleh Kompolnas utk dipilih sbg calon Kapolri: 1) Gatot Edy Pramono; 2) Boy Rafly Amar; 3) Listyo Sigit Prabowo; 4) Arief Sulistyanto; 5) Agus Andrianto. Kelima org itu dianggap memenuhi syarat profesionalitas, loyalitas, jam terbang," tulis Mahfud.

Sebelumnya, Kompolnas telah menyerahkan nama calon kapolri ke Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Meski begitu, sosok yang akan menggantikan Jendral Idham Azis itu masih dirahasiakan.

"Calonnya lebih dari satu nama. Untuk nama tidak dipublikasikan karena suratnya bersifat rahasia," tutur Ketua Kompolnas Benny Mamoto saat dikonfirmasi.

Benny menyebut, pihaknya menyerahkan nama calon kapolri ke Jokowi usai melaksanakan rapat pada Rabu 6 Januari 2021 lalu. Lebih lanjut, nama calon kapolri yang diserahkan telah berdasarkan aspirasi masyarakat baik itu tokoh masyarakat, akademisi, LSM, media, purnawirawan Polri, hingga internal Polri. [bal]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Calon Kapolri
  3. Komisi III DPR
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini