Komisi III tetapkan Abdul Manaf dan Pri Pambudi Teguh jadi Hakim Agung

Rabu, 11 Juli 2018 13:55 Reporter : Sania Mashabi
Komisi III tetapkan Abdul Manaf dan Pri Pambudi Teguh jadi Hakim Agung rapat paripurna DPR. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Komisi III DPR telah memutuskan calon Hakim Agung yang lolos uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test). DPR memutuskan Abdul Manaf lolos sebagai Hakim Agung pada Kamar Agama dan Pri Pambudi Teguh lolos pada Kamar Perdata.

"Sepuluh fraksi menyetujui untuk memilih Abdul Manaf sebagai Hakim Agung pada Kamar Agama dan Pri Pambudi Teguh sebagai Hakim Agung pada Kamar Perdata," kata Wakil Ketua Komisi III Desmond Junaidi Mahesa usai rapat pleno di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (11/7).

Pemilihan itu dilakukan secara aklamasi. Keputusan tersebut juga akan segera dibawa ke rapat paripurna.

"Dengan demikian rapat ini secara aklamasi sudah kita pilih dan kita akan teruskan ke rapat paripurna," ungkapnya.

Menurut Desmond, kedua calon yang diajukan KY ini memang tidak memenuhi kebutuhan yang dimintakan MA, yaitu 8 jabatan hakim agung. Karena itu, politisi Partai Gerindra ini berharap ke depannya KY bisa menyediakan calon yang sesuai dengan kebutuhan.

"Ke depan kami berharap berapa kekurangan Hakim Agung, KY melakukan seleksi sesuai kebutuhan itu agar putusan itu bukan putusan di KY. Seolah-olah KY hari ini adalah menyeleksi yang seharusnya dipilih. Itu kan juga enggak bener," ucapnya.

Sebelumnya, Komisi III DPR fit and proper test pada dua calon Hakim Agung. Dua calon itu adalah Abdul manaf untuk calon hakim agung Mahkamah Agung kamar agama dan Pri Pambudi Teguh untuk calon Hakim Agung kamar perdata.

"Fit and proper kami laksanakan untuk memenuhi dua kamar yang masih konsong yang pertama adalah perdata. Kamar pidana. Dan oleh KY (Komisi Yudisial) mengajukan dua nama yah. Nama tersebut telah kami lakukan Fit and Proper Test Abdul Manaf kamar agama, Pri Pambudi Teguh kamar perdata," kata anggota Komisi III Fraksi Partai NasDem Teuku Taufiqulhadi usai rapat Komisi III di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (10/6). [gil]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini