Komisi III Minta Masukan Soal Capim KPK Harus Disertai Bukti Konkret

Selasa, 3 September 2019 12:05 Reporter : Sania Mashabi
Komisi III Minta Masukan Soal Capim KPK Harus Disertai Bukti Konkret Arsul Sani. ©dpr.go.id

Merdeka.com - Anggota Komisi III DPR Arsul Sani menilai menegaskan pihaknya akan mendengarkan masukan-masukan dari masyarakat sipil terkait proses uji kelayakan dan kepatuhan atau fit and proper test calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (capim KPK) periode 2019-2023. Namun, kata dia, masukan yang diberikan juga harus menyertakan bukti yang konkret.

"Tetapi masukannya itu harus konkret, harus bukti bukan dalam bentuk selebaran atau surat misalnya pernah bertemu dengan ini dan segala macam. Coba tunjukkan mana videonya dan lain sebagainya," kata Arsul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (3/9).

Arsul menekankan beberapa hal yang akan dinilai saat proses fit and proper test capim KPK. Di antaranya rekam jejak, integritas, kompetensi dan leadership.

"Karena itu ingin kami dari sisi leadership itu, nanti lima capim KPK atau pimpinan yang terpilih itu, itu benar-benar orang-orang yang kuat, chief and command, bukan chief in commanded, bukan para kepala yang diperintah, tetapi para kepala yang memerintah," ungkapnya.

Terpisah, Wakil Ketua Komisi III Herman Hery mengatakan fit and proper test diusahakan selesai sebelum akhir September. Dia juga yakin proses tersebut selesai dengan baik.

"Pasti selesai. Bukan hanya optimis, pasti selesai (akhir September)," ujar Herman.

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menerima 10 nama capim terpilih dari panitia seleksi KPK. Setelah menerima 10 nama, Jokowi harus mengirimkan nama-nama yang terpilih ke DPR untuk di fit and proper test. Nantinya capim yang terpilih hanya lima dari 10 capim yang di uji kelayakannya.

Nama-nama capim KPK yang lulus tersebut adalah :

1 Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata

2 Kapolda Sumsel, Irjen Pol Firli Bahuri

3 Auditor BPK, I Nyoman Wara

4 Jaksa, Johanis Tanak

5 Advokat, Lili Pintauli Siregar

6 Dosen, Luthfi Jayadi Kurniawan

7 Hakim, Nawawi Pamolango

8 Dosen, Nurul Ghufron

9 PNS Sekretaris Kabinet, Robi Arya

10 PNS Kementerian Keuangan, Sigit Danang Joyo.

Jangan Lewatkan:

Ikuti Polling Siapa Layak Pimpin KPK? Klik disini [eko]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Capim KPK
  3. DPR
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini