Komisi III minta KPK cegah korupsi di DPR

Kamis, 1 Maret 2012 11:27 Reporter : Nurul Julaikah
Komisi III minta KPK cegah korupsi di DPR Ketua Komisi III DPR Benny K Harman

Merdeka.com - Ketua Komisi III DPR Benny K Harman meminta KPK menyusun rencana strategis untuk mencegah korupsi di lingkungan DPR. Diharapkan, ke depannya tidak ada lagi kasus anggota dewan ditangkap karena korupsi.

"Tahun lalu kita sudah meminta KPK untuk menyusun rencana strategis mencegah korupsi di Dewan. Tapi sampai sekarang mereka belum menyerahkan itu kepada kita," ujarnya dalam rapat dengar pendapat lanjutan dengan KPK di gedung DPR, Senayan, Kamis (1/3).

 

Terkait tugas pencegahan, Komisi III DPR juga minta KPK merumuskan secara detail tugas pencegahan itu seperti apa. Misalnya untuk mencegah korupsi di APBN 2012 yang berjumlah Rp 1.500 triliun. Dari Rp 1.500 triliun tersebut 70 persen sebagai belanja pegawai. Berarti ada peluang korupsi pada sisa Rp 500 triliun lagi.

"Kita minta KPK untuk membuat desain pencegahan lagi, sehingg indeks korupsi di negara kita makin lama makin turun," ujar Benny.

Benny berharap, korupsi yang semula turun 40 persen turun lagi 20 persen, tahun berikutnya lagi menjadi 10 persen. "Kalau tidak, pasti tidak ada prestasi di negara kita. Yang terjadi setiap tahun korupsi merajalela, semua sektor kementerian itu korupsi berarti tidak ada gunanya KPK," tegasnya.

"Pimpinan KPK jawabannya seperti kehilangan orientasi. Nggak punya visi nggak punya strategi dalam rapat kemarin," cetus Benny. [bal]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. KPK
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini