Komisi III DPR tunda pemilihan pimpinan KPK hingga Januari 2015

Kamis, 4 Desember 2014 16:01 Reporter : Randy Ferdi Firdaus
Komisi III DPR tunda pemilihan pimpinan KPK hingga Januari 2015 Benny K Harman. ©2013 Merdeka.com/Dwi Narwoko

Merdeka.com - Komisi III DPR telah menjalani uji kepatutan dan kelayakan terhadap dua calon pimpinan KPK yakni Busyro Muqoddas dan Robby Arya Brata. Namun Komisi III DPR tidak langsung melakukan pemilihan, melainkan ditunda hingga Januari 2015.

Wakil Ketua Komisi III DPR Benny K Harman menjelaskan, sesuai dengan rapat pleno yang dihadiri 10 fraksi, seluruhnya sepakat untuk menunda pemilihan. Sebab, belum seluruh anggota Komisi III DPR hadir dalam pemilihan ini.

"Secara aklamasi dalam semangat musyawarah mufakat 10 fraksi memutuskan pelaksanaan lebih lanjut, pemilihan dan penetapan pimpinan KPK yang baru untuk menggantikan posisi pimpinan KPK atas nama Busyro yang tanggal 10 Desember akan berakhir. Akan dilakukan Komisi III setelah memasuki massa sidang berikutnya pada awal bulan Januari 2015," kata Benny di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (4/12).

Benny memprediksi, KPK bakal memiliki pimpinan baru nanti sekitar tanggal 12-15 Januari 2015. Karena DPR akan memasuki massa reses pada 5 Desember hingga 12 Januari.

Benny mengungkapkan, seluruh fraksi sepakat keputusan ini diambil karena belum seluruh anggota hadir di Komisi III DPR. Khususnya, Partai Golkar yang sedang menggelar Munas ke IX di Bali.

"Karena tadi anggota Komisi III belum lengkap, ada yang masih mengikuti Munas, teman-teman Golkar, ada agenda internal dewan yang belum kami selesaikan seperti revisi UU MD3," tegas dia. [has]

Topik berita Terkait:
  1. Capim KPK
  2. DPR
  3. KPK
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini