Komisi III DPR temukan banyak aktivitas warga di Pulau Nusakambangan

Jumat, 27 Maret 2015 14:43 Reporter : Chandra Iswinarno
Komisi III DPR temukan banyak aktivitas warga di Pulau Nusakambangan Penduduk Pulau Nusakambangan. ©AFP PHOTO

Merdeka.com - Kunjungan singkat yang dilakukan Komisi III DPR RI ke Pulau Nusakambangan Cilacap Jawa Tengah, ditemukan adanya kegiatan usaha di luar aktivitas pembinaan warga lembaga pemasyarakatan. Pernyataan tersebut dikemukakan Ketua Komisi III DPR RI, Aziz Syamsudin usai mengunjungi pulau penjara tersebut, Jumat (27/3).

"Masih adanya kegiatan usaha yang menurut peraturan pemerintah pusat untuk dilakukan sterilisasi di Pulau Nusakambangan ini. Dengan temuan ini nantinya akan menjadi bahan bagi komisi tiga dalam rangka melakukan rapat koordinasi," ujar Aziz saat berada di Dermaga Wijaya Pura.

Temuan tersebut, jelas Aziz nantinya akan dibicarakan bersama dengan Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM, Menteri Hukum dan HAM, serta Kejaksaan Agung dan Kepolisian.

Menurut Aziz, kunjungan ini dilakukan dalam proses untuk melihat secara langsung dengan mendengarkan laporan dari kepala lembaga pemasyarakatan yang ada di Pulau Nusakambangan serta Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah.

"Hal yang perlu disikapi dalam kebijakan pusat (adalah) dalam hal pelaksanaan. Kemudian dalam hal sarana prasarana, kemudian dalam hal mengantisipasi sterilisasi dalam Pulau Nusakambangan ini," paparnya.

Sebelumnya, persoalan Pulau Nusakambangan yang belum steril dari aktivitas di luar kegiatan pemasyarakatan menjadi sorotan beberapa pihak. Sebelumnya, pemerintah berencana membangun pos pengamanan di beberapa titik yang ada di Pulau Nusakambangan untuk menjaga pulau penjara tersebut agar tetap steril dan tertutup.

Dari data Pemkab Cilacap, penduduk liar di Nusakambangan saat ini mencapai 325 kepala keluarga. Penduduk tersebar di sejumlah titik, di antaranya di Selok Jero, Jengkolan, Jongorasu dan Karang Lenang. [hhw]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini