Komisi II akan Fit and Proper Test Calon Anggota KPU-Bawaslu di Pekan Kedua Februari

Selasa, 11 Januari 2022 16:48 Reporter : Ahda Bayhaqi
Komisi II akan Fit and Proper Test Calon Anggota KPU-Bawaslu di Pekan Kedua Februari Gedung DPR. ©2015 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Wakil Ketua Komisi II DPR RI Saan Mustopa menuturkan, Komisi II telah menjadwalkan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap calon anggota KPU dan Bawaslu pada pekan kedua Februari 2022. Namun, DPR masih menunggu surat presiden dari Istana untuk memulai proses tersebut.

"Kami tunggu surat dari presiden, tapi kami sudah kasih spot waktu yaitu di pekan kedua Februari, ketika masuk surat kami lakukan fit and proper," ujar Saan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (11/1).

Komisi II menjamin akan terbuka selama proses uji kelayakan dan kepatutan calon anggota KPU dan Bawaslu. Masyarakat bisa menyaksikan prosesnya.

"Fit and proper terbuka jadi kita fit and proper nya akan terbuka untuk umum. Biar publik juga bisa mengikuti terkait dengan rekam jejak calon-calon anggota penyelenggara pemilu," kata Saan.

Politikus NasDem ini menjelaskan, tolak ukur memilih anggota KPU dan Bawaslu pertama adalah kemandirian. Kedua, kemampuan manajerial kepemiluan, dan terakhir kemampuan teknis kepemiluan.

"Ini yang jadi catatan penting kami karena pemilu ke depan kan rumit dan bebannya tinggi sehingga kemampuan teknis menjadi penting juga," jelasnya. [eko]

Baca juga:
Puskapol UI Soroti 'Ruang Gelap' Lobi Pemilihan Anggota KPU-Bawaslu
DPR Targetkan Fit and Proper Test Calon Anggota KPU-Bawaslu Februari 2022
Presiden Jokowi Terima Nama-nama Calon Komisioner KPU-Bawaslu RI
Pekan Ini, 24 Nama Calon Anggota KPU-Bawaslu Diserahkan ke Jokowi
Timsel KPU-Bawaslu Wawancara 48 Calon, 24 Orang yang Lolos Dibawa ke Meja Presiden

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini