Komisi I DPR minta Panglima TNI tegas soal pembakaran Mapolres

Kamis, 7 Maret 2013 11:14 Reporter : Mardani
Komisi I DPR minta Panglima TNI tegas soal pembakaran Mapolres laksamana agus suhartono. ©2012 Merdeka.com/dok

Merdeka.com - Komisi I DPR menyesalkan pembakaran Mapolres Ogan Komering Ulu (OKU) Sumatera Selatan yang dilakukan puluhan personel TNI. Komisi I mendesak Kapolri Jenderal Pol Timur Pradopo dan Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono segera bertindak cepat.

"Saya desak Mabes Polri dan Mabes TNI segera ambil langkah cepat dan tegas serta bentuk tim gabungan pencari fakta," kata Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq kepada merdeka.com, Kamis (7/3).

Dia meminta agar Kapolri dan Panglima TNI segera bertindak tegas kepada personelnya dan tidak membiarkan kasus tersebut berlarut-larut. Politikus PKS itu meminta agar hukum segera ditegakkan.

"Yang jelas jika tim gabungan TNI dan Polri sudah hasilkan kesimpulan penyelidikan, maka pelaku yang bertanggungjawab harus diproses hukum dengan tegas. Harus ada efek jera," katanya.

Pagi tadi puluhan anggota TNI membakar Kantor Polres Mapolres Ogan Komering Ulu (OKU) Sumatera Selatan. Pemicunya, mereka tidak terima dengan tindakan polisi yang menembak rekannya bernama Pratu Hery.

"Informasinya adalah berawal dari pelanggaran lalu lintas. Itu sekitar satu atau dua bulan lalu. Kemudian mereka menanyakan kasus ini ke Polres," ujar Kapuspen TNI Laksamana Muda TNI Iskandar Sitompul kepada merdeka.com, Kamis (7/3).

Meski melanggar lalu lintas, Pratu Hery malah kabur. Kemudian anggota TNI itu dikejar oleh polisi dan terjadi penembakan.

"Kalau tidak salah yang menembak bernama Brigadir Wijaya. Makanya, puluhan anggota TNI itu menanyakan kasus ini ke Polres," ujarnya.

Karena tidak terima dengan jawaban polisi, puluhan anggota TNI itu langsung membakar kantor Polres. Tidak itu saja, anggota TNI itu juga membakar sejumlah kendaraan yang terparkir di depan kantor.

Api langsung melahap bangunan. Para anggota TNI juga merusak fasilitas di kantor Polres. [dan]

Baca juga:
Kapolri minta Panglima TNI tindak tegas pembakar Mapolres OKU
Ini rombongan TNI saat serang Polres OKU
Ratusan warga tonton pembakaran Polres OKU oleh anggota TNI

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. TNI
  3. Bentrok TNI Polri
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini