Komisi I DPR Dorong Kemlu Lebih Aktif Kerja Sama Internasional Perangi Covid-19

Jumat, 12 Juni 2020 17:56 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Komisi I DPR Dorong Kemlu Lebih Aktif Kerja Sama Internasional Perangi Covid-19 Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketua Komisi I DPR-RI Meutya Hafid, meminta pemerintah aktif bekerjasama secara internasional dalam penanganan Covid-19. Menurutnya, negara harus bersatu untuk menjamin ketersediaan alat kesehatan dan obat-obatan.

"Saya dari Komisi I dan Partai Golkar mendorong pemerintah melalui Kemenlu untuk semakin lebih aktif dalam mendorong kerja sama internasional dalam memerangi Covid-19. Melalui diplomasi, Kemenlu juga perlu menjamin ketersediaan dan akses Indonesia terhadap obat obatan, alkes, serta vaksin," kata Meutya, Jumat (12/6).

Menurut dia, tidak ada negara yang bisa melawan pandemi virus corona secara mandiri. Dia bilang, persaingan tiap negara tetap ada, tetapi kerja sama di saat sulit tetap di butuhkan.

"Tidak ada negara yang bisa melawan Covid-19 sendirian. Tidak ada satu kebijakan yang dapat diterapkan untuk semua negara. Rivalitas tetap ada, tapi kerja sama bilateral dan multilateral juga tetap meningkat," ucapnya.

Politikus Partai Golkar itu menambahkan, pandemi Covid-19 menyadarkan dunia akan pentingnya sektor industri kesehatan. Maka itu, Indonesia perlu mengembangkan sektor kesehatan nasional lewat kerja sama riset dengan negara lain.

"Indonesia juga perlu untuk semakin meningkatkan sektor kesehatannya melalui kerjasama riset dengan negara-negara lainnya," pungkas Meutya. [ray]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini