Kominfo Sudah Blokir 4.874 Fintech Bodong per 10 Oktober 2021

Sabtu, 23 Oktober 2021 19:32 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Kominfo Sudah Blokir 4.874 Fintech Bodong per 10 Oktober 2021 Usman Kansong Dilantik Jadi Dirjen IKP Kemkominfo. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo Usman Kansong mengatakan Kominfo terus memberantas konten-konten yang merugikan masyarakat. Salah satunya fintech ilegal.

Sejak 2018 hingga 10 Oktober 2020, lanjut dia, tercatat sudah ada 4.874 fintech bodong yang diblokir. Di dalamnya termasuk pinjaman online ilegal.

"Dari 2018 sampai 10 Oktober 2021 ada 4.874 yang kita blokir. Bukan pinjol saja tapi fintech. termasuk di dalamnya investasi ilegal, investasi bodong," ujar dia dalam diskusi Trijaya FM, Sabtu (23/10).

Langkah pemblokiran tersebut merupakan upaya pemberantasan konten negatif yang dilakukan di sisi hilir. Pemberantasan di sisi hulu maupun middle stream pun juga dilakukan.

"Dari hulu kita melakukan literasi digital agar masyarakat tidak mudah terjebak hoaks, tidak membuat, tidak menyebarkan hoaks," ungkap dia.

"Di middle stream kita memiliki yang kita sebut AIS yang berfungsi mengcrowling, menjaring hoaks-hoaks, termasuk konten negatif seperti pinjol, perjudian, pornografi, termasuk Ada juga Tim yang menantau 24 jam medsos dan platform. Masyarakat juga boleh melaporkan ke Kominfo ada aduankonten.id," imbuh dia.

Sementara di hilir Kominfo melakukan kontra narasi dan memblokir berbagai hoaks maupun konten-konten yang merugikan masyarakat. Kominfo menggandeng juga menggandeng pihak kepolisian untuk melakukan penegakkan hukum.

Namun demikian, dia menegaskan bahwa tidak semua konten hoaks yang berujung pada penegakkan hukum. Ada yang cuma diblokir saja. "Misalnya dalam kasus hoaks tentang vaksin ada 1.400 hoaks, nol yang dilakukan penegakkan hukum. Semuanya hanya kita take down," ujar dia.

"Kita kerja sama dengan platform. Karena yang bisa take down ya platform itu. Kita bekerja sama dengan mereka. Kita akan meminta untuk men-take down," tandas dia.

Baca juga:
Aksi Culas Pinjol Legal Operasikan Belasan Pinjol Ilegal untuk Jaring Nasabah
Mahfud Minta Korban Pinjol Ilegal Tak Gentar Melapor ke Polisi, akan Dilindungi LPSK
Polisi Akan Buat Aplikasi untuk Bedakan Bisnis Pinjol Ilegal atau Legal
Gerebek 5 Perusahaan Kelola 105 Pinjol Ilegal, Polda Metro Tetapkan 13 Tersangka
AFPI Turunkan Tingkat Biaya Pinjaman Online dari 0,8 Persen Jadi 0,4 Persen

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kominfo
  3. Pinjaman Online
  4. Fintech
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini