Kominfo Sebut Merdeka Award Jadi Inspirasi Menuju Desa Digital

Jumat, 2 April 2021 15:50 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Kominfo Sebut Merdeka Award Jadi Inspirasi Menuju Desa Digital merdeka award desa dengan inisiatif digital menuju pemulihan ekonomi. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Media online merdeka.com menggelar pemberian penghargaan bertajuk Merdeka Award 2021 yang mengambil tema Inspirasi di Tengah Pandemi. Salah satu kategori penghargaan diberikan kepada desa dengan inisiatif digital menuju pemulihan ekonomi.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Semuel Abrijani Pangerapan hadir mewakili Menteri Kominfo Johhny G. Plate untuk menyerahkan penghargaan kepada para kepala desa yang memiliki inovasi mewujudkan desa digital.

"Kalau buat saya ini satu penghargaan bisa hadir di acara seperti ini. Di mana merdeka.com punya kepedulian bagaimana meningkatkan desa-desa, dengan memberikan penghargaan sebagai inspirasi bagi desa-desa yang lain. Ini bisa menginspirasi desa-desa lainnya supaya mereka juga bisa mengikuti desa-desa yang suda menerapkan program-program ini,” ujar Semuel ketika menghadiri acara Merdeka Award 2021, Jumat (2/4).

merdeka award desa dengan inisiatif digital menuju pemulihan ekonomi

Bicara soal desa digital, dia menegaskan pentingnya ketersedian akses internet dan kualitas SDM dalam pembangunan masyarakat di pedesaan. Dua hal ini menjadi kunci bagi pengembangan desa secara mandiri.

Pemerintah terus melakukan sejumlah langkah agar cita-cita besar pembangunan secara mandiri dapat berjalan lancar. Saat ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika sedang mengusahakan konektivitas sampai ke desa-desa.

"Diharapkan tahun 2022 semua desa dan kelurahan di seluruh indonesia sudah terkoneksi dengan internet yang memadai," katanya.

Kehadiran teknologi diharapkan mampu membuat desa bergerak. Bergerak dalam arti mampu menciptakan inovasi yang bermanfaat bagi penduduknya.

"Karena yang tahu tentang kondisi desa adalah orang di desa itu sendiri," lanjut dia.

merdeka award desa dengan inisiatif digital menuju pemulihan ekonomi

Inovasi membutuhkan dukungan dari sisi sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni. Karena itu, program konektivitas juga harus dilakukan bersamaan dengan program peningkatan SDM masyarakat desa.

"Biarkan mereka bergeliat sendiri. Jangan orang kota yang mengambil alih. Orang desa yang ditingkatkan kapasitasnya dan merekalah yang melakukan transformasi digital di tempat mereka," tegas dia.

Selain itu Kominfo juga sudah menyediakan aplikasi yang dapat dimanfaatkan oleh untuk memperbaiki dan meningkatkan tata kelola desa. Aplikasi tersebut bernama Sideka (Sistem Informasi Desa dan Kawasan.

merdeka award desa dengan inisiatif digital menuju pemulihan ekonomi

"Itu adalah suatu aplikasi umum dan tidak berbayar dan dikasih lagi space-nya untuk menggunakan cloud-nya. Biar nggak perlu punya server lah desa-desa. Jadi desa bisa mengakses cloud-nya dan menggunakan aplikasinya," ungkapnya.

merdeka award desa dengan inisiatif digital menuju pemulihan ekonomi

Berikut penerima Merdeka Award kategori desa dengan inisiatif digital menuju pemulihan ekonomi
1. Demon Pagong, Nusa Tenggara Timur
2. Kab Natuna, Kepulauan Riau
3. Desa Sukarara, Nusa Tenggara Barat
4. Desa Lembur Barat, Nusa Tenggara Timur
5. Desa Hadakewa, Nusa Tenggara Timur
6. Desa Desa Papayan, Jawa Barat
7. Desa Sejiram, Kalimantan Barat
8. Desa Mandala, Jawa Barat
9. Desa Malango, Gorontalo [noe]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Merdeka Award
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini