Kominfo Harap Merdeka Award 2022 Menginspirasi Generasi Muda Manfaatkan Teknologi

Kamis, 30 Juni 2022 17:00 Reporter : Supriatin
Kominfo Harap Merdeka Award 2022 Menginspirasi Generasi Muda Manfaatkan Teknologi Merdeka Award 2022 Inovasi Digital I Nyoman Adhiarna. ©2022 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika menyambut baik pelaksanaan Merdeka Award 2022. Gelaran acara ini diharap bisa memberi inspirasi bagi semua masyarakat Indonesia.



"Khususnya generasi muda untuk mampu memanfaatkan teknologi digital untuk mendorong kemajuan negeri ini," kata Direktur Ekonomi Digital Ditjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, I Nyoman Adhiarna dalam Acara Merdeka Award 2022 digelar di Gedung Paviliun Provinsi Smesco-Nareswara Hall, Lantai 4, Jakarta dengan tema "Inspirasi Indonesia", Kamis (30/6).

Adhiarna menyebut Kementerian Kominfo memiliki program untuk mendorong peningkatan dan kecakapan literasi digital. Program ini bertujuan untuk melahirkan banyak anak muda yang ahli di bidang teknologi.



"Semoga program ini bisa mendorong lebih banyak lagi lahirnya tokoh-tokoh seperti yang hari ini muncul di hadapan kita," ucapnya.

Ada 5 kategori dalam penghargaan Merdeka Award 2022. Program Inovatif untuk Negeri, Program Kreatif Pariwisata, Inovasi Digital, Program Pemberdayaan UMKM dan Sosok Inspiratif untuk Indonesia.

Tak hanya Kementerian Kominfo, Kemenko PMK juga memuji penyelenggaraan Merdeka Award 2022. Acara ini dianggap menginspirasi banyak pihak.



"Saya kira kegiatan ini perlu dilakukan yang lainnya juga," kata Plt Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Kemenko PMK, Aris Darmansyah Edisaputra usai menghadiri Acara Merdeka Award 2022 digelar di Gedung Paviliun Provinsi Smesco-Nareswara Hall, Lantai 4, Jakarta dengan tema "Inspirasi Indonesia".

2 dari 2 halaman

Sosok Inspirasi Perlu Diberi Penghargaan

Aris mengatakan sosok-sosok yang menginspirasi di Indonesia memang perlu diberi penghargaan. Melalui pemberian penghargaan diharapkan bisa memotivasi sosok lain untuk ikut berkontribusi untuk negeri ini. 



"Nah kalau kita bisa bersama-sama tentunya saling memotivasi, apa yang nantinya menjadi tujuan kita di 2045 khususnya menuju Indonesia emas tentu akan tercapai," ucapnya.



Menurut Aris, perhelatan Merdeka Award perlu disosialisasikan agar semakin banyak orang yang bisa menginspirasi. Inspirasi tidak selalu untuk hal besar, bisa dimulai dari lingkungan terkecil.

"Apabila ini disebarkan lagi kepada warga yang lain, tentu ini akan menginspirasi warga yang lain. Dan ini saya kira perlu disosialisasikan terus atau disebarkan atau diviralkan," ujar dia.



Dalam dua tahun terakhir, merdeka.com rutin menggelar Merdeka Award. Untuk Merdeka Award tahun ini mengambil tema Inspirasi Indonesia.

Merdeka Award merupakan ajang penghargaan dan apresiasi kepada mereka yang telah memberikan sumbangsih dan para inspirator untuk kemajuan negeri.

Merdeka Award 2022 dihadiri Wakil Presiden Maruf Amin dan Managing Director EMTEK, Sutanto Hartono, yang hadir secara virtual. Sementara itu, hadir secara langsung Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Plt. Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan Dan Moderasi Beragama Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan Aris Darmansyah Edisaputra, Direktur Ekonomi Digital Ditjen Aptika Kominfo I Nyoman Adhiarna, dan Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Vinsensius Jemadu.

[idr]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini