Kolonel Iwa Kartiwa Ungkap Penyebab Penyakit, Syaraf Kejepit bukan Akibat Radiasi

Selasa, 4 Mei 2021 20:44 Reporter : Bachtiarudin Alam
Kolonel Iwa Kartiwa Ungkap Penyebab Penyakit, Syaraf Kejepit bukan Akibat Radiasi Kolonel Iwa Kartiwa. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Mantan Komandan Satuan Kapal Selam (Dansatsel Koarmada II) Kolonel Laut (P) Iwa Kartiwa akhirnya buka suara soal isu yang menyangkut kesehatannya. Ia membantah semua kabar terkait dirinya yang terbaring sakit dan tak bisa bicara.

Iwa menjelaskan bahwa penyebab kondisi kesehatannya ini mulai terganggu pada tahun 2017, ketika momen lebaran dia yang kala itu bersama istri sempat terjatuh dan batuk yang membuat hampir satu bulan tidak bisa berdiri dan hanya berbaring di tempat tidur.

"Terus memang pas waktu itu memang tidak bisa berdiri sampai satu bulan. Kami terbaring di tempat tidur. Kami pulang ke Surabaya dan saat itu kami masih memakai tongkat. Itu awal mulanya, dan kami diperintahkan untuk langsung ke RS AL dan kami di MRI," kata Iwa saat jumpa pers di RSAL Mintoharjo, Jakarta Pusat, Selasa (4/5).

Ternyata, Iwa mengatakan akibat jatuh saat itu ikut mengakibatkan syaraf kejepit yang membuat kesehatannya menurun hingga beraktivitas selalu memakai tongkat.

"Ternyata, akibat syaraf kejepit. Sejak saat itu saat kami beraktifitas membutuhkan tongkat. Kami berjalan kaki kiri kami tidak bisa mengayun, seperti tidak bisa mengayun. Tapi untuk aktifitas lainnya tidak ada masalah. Kami masih melaksanakan tugas sebagai Komandan sampai akhir jabatan, hingga Danpusdikpel (Komandan Pusat Pendidikan Pelaut)," terangnya.

Permasalahan gangguan akibat syaraf kejepit itu, dideritanya diakui akibat jarang berolahraga yang padahal sebelumnya rutin dilakukan seperti olahraga bersepeda maupun berenang.

"Setelah kami ke Komandan Pusdikpel karena ada situasi pandemi, kami yang harus mawas diri, setelah itu aktivitas kami semakin berkurang untuk olahraga," ungkapnya.

"Itu yang menyebabkan kondisi kami saat ini masih dalam perawatan. Karena kami memang jarang ke luar rumah. Terus kami izin ke TNI AL untuk istirahat di rumah. Kami berobat ke Angkatan Laut tetap tapi kami istirahat di rumah," tambahnya.

Sebelumnya, dikabarkan sosok perwira yang pernah betugas di KRI Nanggala Kolonel Laut Iwa Kartiwa dikabarkan sakit akibat selama puluhan tahun terkena radiasi serbuk besi saat menjalankan tugas di kapal selam.

Hal itu sempat dikabarkan melalui kakak kandungnya Anton Charliyan yang juga pernah menjabat sebagai mantan Kapolda Jawa Barat itu sempat mengabarkan kalau kondisi adiknya Iwa Kartiwa mengalami sakit, akibat radiasi besi ketika bertugas di kapal selam. [rhm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini