Kokpit pesawat hanya untuk pilot, kru dan pejabat berwenang

Jumat, 26 Mei 2017 14:02 Reporter : Fikri Faqih
Kokpit pesawat hanya untuk pilot, kru dan pejabat berwenang Pramugari Lion Air. ©2016 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Kementerian Perhubungan menegaskan kejadian pilot Lion Air yang membawa masuk istri dan anaknya ke dalam kokpit dalam penerbangan sebenarnya melanggar aturan. Sebab dalam Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil (PKPS) dan Civil Aviation Safety Regulation (CASR) 121.547, kawasan kokpit harus bersih dari orang asing.

Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso mengatakan, pilot adalah profesi yang mengemban tanggung jawab besar. Sehingga harus memiliki kualifikasi yang mumpuni, tegas, disiplin dan taat pada semua aturan yang berlaku dalam sebuah penerbangan.

"Keselamatan dan keamanan para penumpang pesawat ada di tangan pilot. Pada saat sedang mengoperasikan pesawat, seorang pilot tidak diperbolehkan memasukkan orang lain ke dalam kokpit tanpa izin," katanya di Jakarta, Jumat (26/5).

Dia menjelaskan, izin yang dimaksud adalah yang sesuai dengan Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil (PKPS) atau Civil Aviation Safety Regulation (CASR) 121.547 tentang 'Admission to Flight Deck'. Keberadaan orang lain yang bukan kru pesawat bisa membahayakan keselamatan penerbangan.

"Dalam CASR tersebut jelas disebutkan bahwa seseorang tidak boleh memasukkan orang lain ke dalam kokpit kecuali kru pesawat, inspektur dari Ditjen Perhubungan Udara, orang yang mempunyai sertifikat khusus seperti personil navigasi penerbangan, atau yang telah mendapatkan izin dari pilot in command, AOC certificate holder management dan izin dari Dirjen Perhubungan Udara," jabarnya.

Agus menegaskan, peraturan ini tidak boleh sesekali dilanggar oleh seorang pilot dan kru pesawat lainnya. Sesuai peraturan CASR, kokpit harus steril dari orang yang tidak berkepentingan.

"Selain orang-orang yang sudah disebutkan di atas, tidak seorangpun boleh masuk ke dalam kokpit saat pilot sedang mengoperasikan pesawatnya," tutupnya.

Sebelumnya, seorang penumpang Lion Air bernama Citra Rienanti menulis di laman Facebook miliknya ada pilot Lion Air yang membawa masuk istri dan anaknya ke dalam kokpit dalam penerbangan. Citra sempat berdebat dengan istri pilot berinisial DR tersebut, soal boleh tidaknya seorang penumpang masuk ke dalam kokpit.

Dia menduga sudah jadi kebiasaan sang pilot membawa masuk istri dan keluarganya ke dalam kokpit. Hal ini dinilai berbahaya, apalagi ada ratusan penumpang dalam pesawat JT 015 dari Denpasar ke Jakarta yang ditumpanginya.

Tulisan Citra ini segera menjadi viral di media sosial. Lion Air mengaku sudah menghubungi Citra untuk meminta maaf. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. Lion Air
  2. Pilot Lion Air
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini