KNKT: Pengunduhan FDR Black Box Sriwijaya Air SJ-182 Memakan Waktu 2-5 Hari

Selasa, 12 Januari 2021 18:18 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
KNKT: Pengunduhan FDR Black Box Sriwijaya Air SJ-182 Memakan Waktu 2-5 Hari Tim penyelam TNI AL temukan black box Sriwijaya Air. ©2021 Merdeka.com/Bachtiarudin Alam

Merdeka.com - Tim SAR berhasil menemukan black box berupa flight data recorder (FDR) Sriwijaya Air SJ182. Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono mengatakan proses pengunduhan FDR tersebut memakan waktu dua sampai lima hari. Dia berharap FDR tersebut dapat membuka penyebab kecelakaan pesawat Sriwijaya Air tersebut.

"Alhamdulillah kita bisa temukan FDR. Doa dari masyarakat agar pembacaan pengunduhan dari FDR yang kami perkirakan akan memakan waktu antara 2 sampai 5 hari. Semoga lancar dan segera dapat mengungkap misteri apa yang menjadi penyebab kecelakaan ini," kata Soerjanto di JICT 2, Jakarta Utara, Selasa (12/1).

Soerjanto mengatakan hasil investigasi black box itu bisa menjadi pelajaran agar kecelakaan serupa tidak terjadi ke depan.

"Semoga dengan terungkapnya penyebab kecelakaan hal ini menjadi pembelajaran bagi kita semua agar kecelakaan yang sama tidak terjadi di kemudian hari. Itulah tujuan investigasi yang dilakukan oleh KNKT. Tujuannya hanya satu untuk masalah keselamatan," ujar dia.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menuturkan, dari dua bagian dalam black box, yang sudah ditemukan adalah Flight Data Recorder (FDR). Sementara cockpit voice recorder (CVR) belum ditemukan.

"Cockpit Voice Recorder perlu dicari," ungkap Panglima TNI di JICT Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (12/1).

Namun, pencarian CVR harus dilakukan tanpa petunjuk dari underwater locator beacon atau sinyal pandu untuk menemukan black box. Sebab, kedua underwater locator beacon sudah ditemukan bersamaan dengan FDR.

"Underwater locator beacon ditemukan sebanyak dua. Artinya satu lagi cockpit voice recorder perlu dicari tanpa bantuan underwater. Namun kami yakin bahwa cockpit voice recorder akan segera ditemukan," katanya.

Baca Selanjutnya: Untuk diketahui Kotak hitam dimasukkan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini