Klaim Karhutla Berkurang 90 Persen, Wiranto Minta Masyarakat Tak Khawatir ISPA

Senin, 30 September 2019 13:47 Reporter : Merdeka
Klaim Karhutla Berkurang 90 Persen, Wiranto Minta Masyarakat Tak Khawatir ISPA Wiranto. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto masyarakat tak perlu lagi cemas ancaman infeksi saluran pernafasan atas atau ISPA dampak kebakaran hutan dan lahan. Sebab menurut dia, penanganan kebakaran hutan dan lahan yang melanda sejumlah wilayah sudah mulai baik.

"Kita bersyukur laporan terakhir hari ini, total dari wilayah kritis kebakaran hutan sudah berkurang 90 persen. Kita bersyukur bahaya asap dan ISPA di masyarakat saya kira sudah tak perlu dikhawatirkan lagi," kata Wiranto di kantor Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (30/9).

Wiranto mengatakan, keberhasilan penanganan masalah kebakaran hutan dan lahan ini berkat modifikasi cuaca dengan hujan buatan. Dia berharap, hadirnya hujan alami bisa membantu memadamkan seluruh titik api yang masih tersisa.

"Jadi kita intruksikan kepada gubernur untuk melakukan upaya lebih giat supaya titik api sisa itu segera habis," ujar Wiranto.

Berdasarkan catatan jumlah titik api pada 23 September 2019, dari Satelit Modis Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) terdapat 1.374 titik api yang menyebar di seluruh Indonesia.

Untuk Sumatera dan Kalimantan sendiri, titik api mencakup Riau yang memiliki 134 titik, Jambi 324 titik, Sumatera Selatan 337 titik, Kalimantan Barat 20 titik, Kalimantan Tengah 279 titik, dan Kalimantan Selatan 49 titik, serta Kalimantan Timur 11 titik.

Reporter: Muhammad Radityo Priyasmono [gil]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini