KKN, Mahasiswa IAIN Jember gelar sidang isbat nikah massal

Kamis, 17 September 2015 12:37 Reporter : Hery H Winarno
KKN, Mahasiswa IAIN Jember gelar sidang isbat nikah massal nikah massal. ©2015 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember yang mengikuti program kuliah kerja nyata (KKN) menggelar isbat nikah massal di Desa Gunung Malang, Kecamatan Sumberjambe, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

"Saat melakukan KKN di desa setempat, kami melihat banyak warga yang sudah menikah, namun belum memiliki surat nikah, sehingga kami tergerak untuk menggelar isbat nikah massal," kata mahasiswa yang menjadi panitia nikah massal, Ahmad Fauzi di Jember, seperti dikutip dari Antara, Kamis (17/9).

Menurut dia, sebanyak 75 pasangan suami istri warga Gunung Malang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, dan sebagian besar sudah puluhan tahun menikah, namun hanya nikah siri.

"Dengan isbat itu diharapkan bisa menjadi sarana bagi masyarakat untuk melakukan pernikahan secara sah menurut perundang-undangan, sehingga mereka bisa mendapatkan buku nikah," ucap mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Jember itu.

Dia mengatakan kegiatan isbat nikah itu juga didukung oleh beberapa pihak yakni Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Jember, Fakultas Syariah Prodi AS, Pengadilan Agama Jember, dan Pemerintah Kecamatan Sumberjambe.

"Kami bersyukur atas kerja sama pihak-pihak terkait sehingga bisa terlaksana kegiatan isbat nikah massal dan mahasiswa yang mengikuti program KKN berupaya sebisa mungkin agar warga di Desa Gunung Malang dapat menemukan solusi terutama yang status pernikahannya sedang bermasalah," paparnya.

Sementara Ketua LP2M IAIN Jember, Muhibbin mengatakan pengabdian masyarakat melalui program KKN diharapkan mahasiswa dapat menjadi fasilitator masyarakat dalam mengurai persoalan dalam kehidupan sehari-hari.

"Bahkan mahasiswa juga bisa memfasilitasi hingga pada tataran aksi nyata dalam penyelesaian persoalan di masyarakat seperti temuan banyaknya warga yang belum nikah secara sah menurut undang-undang," katanya. [hhw]

Topik berita Terkait:
  1. Nikah Massal
  2. Jember
  3. Mahasiswa
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini