KKB Bakar Pesawat Sipil di Intan Jaya Papua, Pilot & Penumpang Dievakuasi

Kamis, 7 Januari 2021 17:23 Reporter : Henny Rachma Sari
KKB Bakar Pesawat Sipil di Intan Jaya Papua, Pilot & Penumpang Dievakuasi Kelompok bersenjata Papua. ©2017 merdeka.com/istimewa

Merdeka.com - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) membakar pesawat sipil Mission Aviation Fellowship (MAF) di Distrik Biandoga, Kabupaten Intan Jaya, Papua, Rabu (6/1).

Tujuh penumpang dan pilot dilaporkan selamat dalam insiden ini. Pesawat MAF jenis Twin Otter ini dibakar massa yang mengklaim bagian dari Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TNPB).

Aksi ini berawal saat pesawat ditahan oleh massa saat hendak take off di Bandara Kampung Pagamba menuju Kabupaten Nabire. Mereka lalu menyerang pilot dan para penumpang. Namun, para korban selamat setelah tokoh gereja setempat membawa mereka ke tempat aman. Tapi pesawat yang hendak mereka tumpangi ludes dilahap api.

Base Manager MAF Nabire Paul Iswanto membenarkan adanya kejadian pembakaran pesawat tersebut pada Rabu kemarin. Paul mengatakan, pilot dan penumpang dalam keadaan selamat. "Namun mereka masih trauma," katanya dalam keterangan diterima merdeka.com, Kamis (7/1).

Sementara itu, Wakapolres Nabire Kompol Samuel Tatiratu mengatakan, masih menunggu laporan resmi dari anggota yang diterjunkan ke lokasi kejadian.

Sementara itu, Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III (Kapen Kogabwilhan III) Kolonel Czi IGN Suriastaw menjelaskan saat itu pesawat hendak lepas landas, namun mengalami penundaan karena cuaca sekira pukul 07.00 Wit tidak memungkinkan.

"Garis besarnya jam 06.15 Wit berangkat dari Nabire mau ke Intan Jaya itu, sehingga take off sampe jam 7 lebih dikit itu katanya dari jam 7 sekian mau mendarat tidak bisa karena cuaca kabut," jelasnya.

"Tidak lama kemudian berangkat jam 8 sekian mau berangkat dari nabire ternyata itu dibikin kisruh di Nabire. Yah terjadi pembakaran 08.40 itu di bandara karena memang masyarakat terprovokasi karena desakan mau berangkat, mungkin karena berebut masuk pesawat di sana sudah kisruh di sana. Diprovokasi ada yang bilang bakar," sambungnya.

Sementara itu, ia membenarkan pesawat tersebut milik sipil. "Belum tahu detilnya nanti dari polisi karena ini sipil," tutupnya. [rhm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini