Kisah Pramugara Terinfeksi dan Berhasil Sembuh dari Virus Corona

Senin, 6 April 2020 13:21 Reporter : Rasyid Ali
Kisah Pramugara Terinfeksi dan Berhasil Sembuh dari Virus Corona Ega Riyanto pramugara sembuh dari Corona. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Ega Riyanto (27) menceritakan pengalamannya terinfeksi virus Corona atau Covid-19 hingga akhirnya berhasil sembuh. Warga Perumahan Bogor Asri, Kelurahan Nanggewer, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, ini berprofesi sebagai pramugara.

Dia dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 pada 15 Maret 2020. Sebelum dinyatakan positif, dia memiliki riwayat perjalanan ke Singapura.

"Singkat cerita, saat saya melakukan penerbangan ke Singapura, memang dalam keadaan tidak fit," kata Ega, Senin (6/5).

Beberapa hari kemudian, dia merasa demam. Tepatnya 6 Maret 2020. Keesokan harinya, dia memeriksakan kesehatan di RS Cipto Mangunkusumo (RSCM).

Kemudian, pada 12 Maret RSCM dia dinyatakan negatif dari infeksi Covid-19. Namun, tiga hari berselang atau pada 15 Maret 2020, dia kembali memeriksakan diri di RSUD Cibinong. Ega terkejut dinyatakan positif Corona.

Ega langsung masuk ruang isolasi RSUD Cibinong untuk mendapat penanganan lebih lanjut. Setelah 14 hari, pada 28 Maret 2020 dia sembuh.

"Di RSUD Cibinong, saya mendapat pelayanan yang baik. Setelah kondisi terus membaik, tes swab harus saya jalani dua kali dan keduanya dinyatakan negatif, boleh pulang," jelasnya.

1 dari 1 halaman

Pulang ke Rumah

Sesampainya di rumah, dia tidak serta merta bisa beraktifitas seperti biasa. Ega harus tetap melakukan isolasi mandiri. Tujuannya agar menghindari diri agar tidak kembali terinfeksi Corona.

"Pesan saya untuk warga Bogor, jaga kesehatan, kondisi tubuh, jangan lupa makan makanan bergizi, minum dan istirahat cukup serta olahraga yang cukup. Yakinlah kita mampu melawan Covid-19," tegasnya.

Pemerintah Kabupaten Bogor melansir, Covid-19 telah menginfeksi 21 orang. Dari jumlah itu, tiga orang dinyatakan sembuh dan tiga orang lainnya meninggal.

Seluruh kasus Covid-19 di Kabupaten Bogor tersebar di 8 kecamatan. Yakni Bojonggede, Cibinong, Gunungputri, Cileungsi, Jonggol, Parungpanjang, Ciomas dan Ciampea.

Dari 8 kecamatan itu, kasus positif Covid-19 paling banyak terdapat di Gunungputri dengan 7 kasus positif. Kemudian disusul Bojonggede 4 kasus, Cibinong dan Cileungsi masing-masing 3 kasus. Sementara Kecamatan Jonggol, Ciampea, Ciomas dan Parungpanjang, masing-masing terdapat satu kasus.

"Terbaru yang positif itu laki-laki usia 42 tahun asal Ciampea," kata Bupati Bogor, Ade Yasin. [noe]

Baca juga:
Kisah Kajari Bantul dan Kekuatan Mental untuk Sembuh dari Virus Corona
Aktris Cantik Andrea Dian Sembuh dari COVID-19, Begini Ceritanya
Dokter di RSUP H Adam Malik Sembuh dari Covid-19
Tiga Pasien Sembuh, Kasus Positif Corona di Aceh Tinggal Satu Orang
Perjuangan Pasien Positif Corona di Sulawesi Selatan untuk Sembuh

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini