Kisah Ibunda Jokowi Berjualan Bambu untuk Menyambung Hidup Keluarga

Rabu, 25 Maret 2020 18:34 Reporter : Ramadhian Fadillah
Kisah Ibunda Jokowi Berjualan Bambu untuk Menyambung Hidup Keluarga

Merdeka.com - Ibunda Presiden Jokowi, Sujiatmi Notomiharjo meninggal dunia sore tadi. Presiden Jokowi telah berada di Solo untuk menghadiri pemakaman.

Keduanya memiliki hubungan yang sangat erat. Banyak kisah diceritakan Jokowi tentang sosok ibundanya.

Jokowi mengingat kehidupan keluarganya dulu sangat sederhana. Mereka mendiami rumah kontrakan kecil di bantaran kali.

Rumah berdinding anyaman bambu yang sudah sempit itu hanya menyisakan sedikit ruang untuk tidur dan duduk. Selebihnya berisi potongan kayu gergajian dan bambu. Itulah usaha ayah dan ibu Jokowi saat itu untuk menyambung hidup.

"Ibu ikut turun tangan membantu bapak berjualan bambu dan dari wajahnya saya temukan semangat besar," kata Jokowi seperti ditulis Alberthiene Endah dalam biografi Jokowi Mempimpin Kota Menyentuh Jakarta.

Jokowi kecil melihat ibunya cekatan menjalankan usaha tersebut. Selain mengikat bambu dan melayani pembeli, Sujiatmi juga kadang ikut menggotong potongan bambu yang tidak ringan.

Namun Jokowi juga mengingat, ibunya tetap memperhatikan penuh anak-anaknya. Selepas tengah hari Sujiatmi kembali ke rumah dan mengabdikan seluruh waktunya, juga segenap hatinya.

"Dia betul-betul perempuan yang ngopeni anak-anaknya. Kami tercukupi oleh perhatian sejak bangun tidur, hingga tertidur lagi di malam hari," kenang Jokowi.

Dari sana Jokowi mulai mencintai bambu dan kayu. Baginya, dua hal itu menyimpan kenangan lebih dari sekadar sumber mata pencaharian. Keduanya adalah teman yang menemaninya tumbuh dewasa. Hal itulah yang kelak mengilhami Jokowi berbisnis meubel dan sukses dalam bidang tersebut di Solo.

Kabar duka meninggalnya Ibunda Jokowi disampaikan oleh Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden.

Innalillahi wa innaillaihi rojiun, telah berpulang ke rahmatullah Ibu Hj. Sujiatmi Notomiharjo, Ibunda Bapak Presiden Joko Widodo di Solo, Rabu, 25 Maret 2020 pada pukul 16.45 WIB.

Saat ini Presiden Jokowi telah tiba di Solo pada pukul 17.52 WIB. Informasi lebih lanjut terkait wafatnya Ibunda Presiden akan disampaikan kemudian. [ian]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini