Kisah Dawari, Eks Tentara yang Tinggal di Bekas Kandang Ayam Selama 17 Tahun

Selasa, 22 September 2020 13:31 Reporter : Saud Rosadi
Kisah Dawari, Eks Tentara yang Tinggal di Bekas Kandang Ayam Selama 17 Tahun Dawari Eks Tentara yang Tinggal di Bekas Kandang Ayam di Samarinda. ©2020 Merdeka.com/Saud Rosadi

Merdeka.com - Kehidupan Dawari (77), warga Jalan Rimbawan Dalam, Samarinda, Kalimantan Timur, begitu pilu. Sudah 17 tahun terakhir dia tidur di bekas kandang ayam. Dia tinggal bersama istrinya, Mardiana (54). Urusan makan, dia tak segan meminta tetangga yang peduli. Terkadang, dia harus menahan lapar.

Merdeka.com menengok tempat tinggal Dawari. Lokasinya, berjarak 10 km dari pusat kota, di poros jalan Samarinda - Bontang. Jalan menuju tempat tinggal Dawari, separuh jalan didominasi bebatuan. Ada beberapa rumah warga lain. Kebanyakan bekerja sebagai petani.

Di balik hutan yang begitu sunyi dengan jalan sedikit menanjak, ada dua pondok. Di sanalah Dawari dan istri tinggal selama ini.

"Silakan Pak, ke sini nggak apa-apa," sapa Mardiana.

Papan dijadikan tembok pondokan. Di dalam pondokan, bertumpuk sampah botol. Meski begitu, Dawari tetap merasa nyaman tinggal bersama Mardiana yang dinikahi sejak tahun 2000. Dia berbagi cerita. Tempat ini ternyata bekas kandang ayam.

"Saya tinggal di sini. Kadang pindah ke pondok sebelah. Dua-duanya dulu bekas kandang ayam, saya bersihkan, dan saya tinggali. Kalau bocor karena hujan, ya sudah pasti bocor," kata Dawari.

Sudah 17 tahun dia tinggal di situ. Awalnya dia bekerja sebagai penjaga kebun. Namun lantaran pemilik kebun meninggal dunia, dia tidak lagi bekerja.

dawari eks tentara yang tinggal di bekas kandang ayam di samarinda

Baca Selanjutnya: Kisahnya Sebagai Tentara...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kemiskinan
  3. Ragam Konten
  4. Samarinda
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini