Kiai Hasyim Muzadi andal di bidang organisasi dan ulama pejuang NU

Kamis, 16 Maret 2017 14:10 Reporter : Moch. Andriansyah
Kiai Hasyim Muzadi andal di bidang organisasi dan ulama pejuang NU Hasyim Muzadi. ©2017 Merdeka.com/darmadi

Merdeka.com - KH Hasyim Muzadi, sosok ulama andal di bidang organisasi. Dia adalah ulama pejuang dan gigih menyinergikan nilai-nilai ajaran Islam dan nasionalisme. Kini, mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PB NU) itu telah berpulang. Kiai Hasyim meninggal dunia, Kamis pagi tadi (16/3).

Segenap warga NU di Jawa Timur kehilangan dan mengucap bela sungkawa.

"Kita semua kehilangan atas kapundutnya (meninggal) Mbah Yai Hasyim Muzadi. Banyak hal yang bisa diteladani dari sosok beliau. Mari kita doakan yang terbaik untuk almarhum," ucap Sekretaris PWNU Jawa Timur, Akhmad Muzakki.

Kata Muzakki, Kiai Hasyim adalah seorang organisatoris andal dan berpengalaman dalam kepemimpinan-kepemimpinan nasional. "Beliau juga komunkatif dalam menyampaikan ajaran Islam serta kuat dalam mensinergikan Islam dan nasionalisme," kata dia.

Sekadar informasi, Kiai Hasyim berkhidmat di NU sejak di Jawa Timur. Dia memulai perjuangannya dari nol. Pengasuh Ponpes Al Hikam ini pernah menjadi Ketua GP Ansor Jawa Timur. Kiai Hasyim makin dikenal sebagai pejuang NU saat menjabat Ketua PWNU Jawa Timur pada medio 1990-an.

Kemudian berlanjut menjadi Ketua Umum PBNU, dan menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) di era kepemimpinan Presiden Joko Widodo ( Jokowi). Kesehatan Kiai Hasyim mulai menurun sejak beberapa bulan terakhir dan beberapa kali terpaksa dirawat di rumah sakit.

Senin lalu (13/3), Kiai Hasyim meminta dirawat di kediamannya di Kompleks Ponpes Al Hikam, Jalan cengger Ayam, Kota Malang. Kiai Hasyim menghembuskan napas terakhirnya, sehari setelah dijenguk Presiden Jokowi. Selamat jalan Kiai Hasyim.

[rnd]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini