Ketum Pemuda Muhammadiyah Tak Pernah Bilang Sepakat Sebutan Kafir Dihapus

Senin, 4 Maret 2019 18:11 Reporter : Randy Ferdi Firdaus
Ketum Pemuda Muhammadiyah Tak Pernah Bilang Sepakat Sebutan Kafir Dihapus cak nanto. ©2019 Merdeka.com/istimewa

Merdeka.com - Kader Muda Muhammadiyah Pamekasan Syarifuddin menegaskan, Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah (PPPM) Sunanto atau akrab disapa Cak Nanto tak pernah bilang sepakat sebutan 'kafir' kepada non muslim.

Diketahui, dalam sidang komisi bahtsul masail maudluiyyah Musyawarah Nasional Alim Ulama NU, memutuskan untuk menghapus kata kafir untuk non muslim.

Syarifuddin mengatakan, Ketua Umum PPPM tidak pernah mengatakan sepakat dengan rekomendasi itu.

"Apa yang dilakukan media tertentu secara tidak langsung merugikan Ketum PPPM. Sebuah kerja-kerja jurnalistik yang tidak mengedepankan kejujuran dan profesionalisme," kata Syarifudin, Senin (4/3).

Dia juga menyayangkan media tertentu yang telah mengutip pendapat narasumber dari media lain yang mengutipnya sebenarnya sudah keluar konteks. Yakni dengan melabeli Cak Nanto sepakat dengan penghapusan kafir kepada non-muslim Indonesia, padahal tidak demikian adanya.

"Cenderung menghilangkan substansi pesan dengan judul yang mereduksi pendapat aslinya," kata dia.

Dia berharap, semua pihak mengisi ruang publik, terutama media sosial dengan narasi yang sejuk dengan mengedepankan tabayyun.

"Tidak dengan prasangka," kata dia.

Sebagai bangsa yang beradab, Syarifudin mengajak semua pihak untuk menanggapi hasil Mubes NU terkait pelarangan penggunaan kata 'kafir' dengan dengan bijak. Boleh saja tidak setuju, namun ekspresikan ketidaksetujuan dengan narasi-narasi dialogis tanpa ada umpatan apalagi fitnah dan prasangka.

"Sudah kesekian kali pernyataan ketum PPPM dianggap menyebabkan gaduh. Untuk kali ini, saya harus menulis beberapa poin pembelaan dengan harapan kita bisa mengedepankan kejujuran dibanding kebencian," ujarnya. [rnd]

Topik berita Terkait:
  1. Muhammadiyah
  2. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini