Ketua Satgas: Covid-19 Sulit Diprediksi, Varian Baru Muncul Macam-macam

Selasa, 27 Juli 2021 20:51 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Ketua Satgas: Covid-19 Sulit Diprediksi, Varian Baru Muncul Macam-macam Letjen TNI Ganip Warsito. ©2021 Merdeka.com/Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-yang 19 Letjen TNI Ganip Warsito mengapresiasi pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro di Kelurahan Maguwoharjo, DI Yogyakarta, Selasa (27/7). Menurutnya, kelurahan itu bisa menekan lonjakan kasus corona.

"Saya berterima kasih dan mengapresiasi kerja Posko PPKM yang sangat luar biasa, terutama di kelurahan ini yang sudah bisa menekan lonjakan Covid-19 ini dengan baik," kata Ganip di Yogyakarta, Selasa (27/7).

Berdasarkan laporan yang diterima Ganip, Kelurahan Maguwoharjo terdiri dari 20 padukuhan, 72 Rukun Warga (RW) dan 205 Rukun Tetangga (RT). Dari data tersebut, ada sebanyak 4 RT yang masuk dalam zona oranye, 70 RT masuk zona kuning dan 131 sisanya masuk dalam zona hijau.

Menurut Ganip, data tersebut sekaligus menunjukkan bahwa pelaksanaan PPKM Mikro di Kelurahan Maguwoharjo terbukti mampu menekan lonjakan Covid-19. Namun, dia mengingatkan agar pencapaian itu tetap dijaga dan dipelihara sehingga kasus Covid-19 tidak meningkat di kemudian hari.

"Tadi dilaporkan tidak ada RT atau RW yang wilayahnya merah. Artinya lebih banyak di zona kuning dan hijau. Ini suatu hal yang luar biasa, dan saya minta ini tetap dijaga dan dipelihara. Kita harus tetap hati-hati dan waspada supaya tidak melonjak lagi," ujar Ganip.

Selain itu, Ganip juga menegaskan bahwa Covid-19 sulit diprediksi. Hal itu terbukti dengan kemunculan varian baru yang sudah menyebar ke beberapa negara termasuk Indonesia. Oleh karena itu, dia meminta agar seluruh masyarakat dapat lebih berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan.

"Covid-19 ini sulit diprediksi. Varian baru itu muncul macam-macam. Oleh karenanya kita harus hati-hati dan waspada," pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut, Ganip Warsito yang juga menjabat Kepala Badan Nasional Penangulangan Bencana (BNPB) menyerahkan bantuan guna mendukung pelaksanaan PPKM di Kelurahan Maguwoharjo.

Adapun bantuan tersebut meliputi 4.000 masker, 1.000 sabun cuci tangan, 10 ribu butir vitamin dengan asumsi per orang mendapatkan 4 masker, 1 sabun cuci tangan dan 10 butir vitamin. [ded]

Ingat #PesanIbu

Jangan lupa Selalu Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak Mari Bersama Cegah Penyebaran Virus Corona

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini