Ketua RW di Depok yang Potong Bansos Warga Diperiksa Polisi, Uang Sudah Dikembalikan

Kamis, 29 Juli 2021 16:49 Reporter : Nur Fauziah
Ketua RW di Depok yang Potong Bansos Warga Diperiksa Polisi, Uang Sudah Dikembalikan ilustrasi. ©2013 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Kasat Reskrim Polres Depok, AKBP Yogen Heroes Baruno mengatakan pihaknya telah menindaklanjuti kasus pemotongan dana bantuan sosial (bansos) di RW 05 Kelurahan Beji Kecamatan Beji, Depok. Sejak menerima informasi, pihaknya langsung turun tangan melakukan pendalaman.

Yogen mengatakan, para pengurus lingkungan juga sudah dimintai keterangan terkait permasalahan tersebut. "Jadi memang sudah kita panggil beberapa warga dan ketua RW," katanya, Kamis (29/7).

Selanjutnya akan dilakukan gelar perkara. Tujuannya agar diketahui pasti duduk permasalahan kasus ini. "Nanti akan kita gelar untuk menentukan kasus ini. Saat ini masih proses," tegasnya.

Dijelaskan Yogen, dana bansos yang dipotong itu sudah dikembalikan pada warga oleh pengurus lingkungan. "Sudah dilakukan pengambilan keterangan dari beberapa warga dan ketua RW. Sementara yang lain masih proses," ujarnya.

Sementara itu, Ketua RW 05 Kelurahan Beji Kecamatan Beji Depok, Kuseri mengatakan, uang tersebut sudah langsung dikembalikan pada warga melalui ketua RT masing-masing. Jumlah dana yang terkumpul Rp11.550.000.

"Ada 231 warga yang menerima (bansos). Uangnya (yang dialokasikan untuk donasi) sudah dikembalikan," katanya.

Dia membantah telah melakukan pungutan liar. Niat awalnya, pihaknya hanya mencari donasi untuk memperbaiki mobil ambulans dan operasional pembelian sembako serta kain kafan. Program ini sudah berlangsung sejak lama dan donasi bukan hanya dikumpulkan ketika ada pencairan bansos.

"Ini sudah lama dilakukan (donasi) dan untuk keperluan warga juga. Misalnya pemberian paket sembako, kain kafan gratis dan operasional ambulans. Ya memang dari warga untuk warga. Jadi bukan untuk bensin seperti yang ramai diberitakan," pungkasnya. [bal]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Dana Bansos
  3. Bansos Corona
  4. Depok
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini