Ketua MPR tak akan intervensi soal Komjen BG jadi Wakapolri

Rabu, 8 April 2015 15:58 Reporter : Andrian Salam Wiyono
Ketua MPR tak akan intervensi soal Komjen BG jadi Wakapolri Zulkifli Hasan diperiksa KPK. ©2014 merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Komisaris Jenderal (Komjen) Pol Budi Gunawan disebut-sebut menjadi kandidat kuat Wakapolri. Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengaku tak ingin intervensi atas pencalonan Budi yang pernah tersandung rekening gendut tersebut.

"Itu saja, kan nanti ada Sidang Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) dulu. Kita tidak boleh intervensi dan turut campur," kata Zulkifli usai memberikan kesaksian dalam perkara dugaan suap alih fungsi lahan dengan terdakwa Gubernur Riau nonaktif Annas Maamun di Pengadilan Negeri (PN) Tipikor Bandung, Rabu (8/4).

Apalagi MPR atau DPR tidak memiliki kewenangan lebih, karena pencalonan pimpinan institusi Polri itu hadir dari lembaga itu sendiri. Yang pasti MPR mempercayai bahwa yang menjabat pimpinan Polri adalah yang terbaik.

"Itu haknya polisi, kita serahkan saja," terangnya.

Wacana pencalonan Budi sendiri mencuat pada Senin (6/4) dalam rapat konsultasi Presiden Jokowi dengan DPR yang tengah membahas pencalonan Kapolri Komjen Badrodin Haiti. Sebagian fraksi sepakat merehabilitasi Budi menjadi Wakapolri setelah sempat diwacanakan menjadi Kapolri. Itu tak lain karena Budi memenangkan gugatan praperadilan terhadap KPK. [hhw]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini