Ketua MPR Minta Pemerintah Tentukan Standarisasi Harga Rapid Test Covid-19

Rabu, 8 Juli 2020 15:41 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Ketua MPR Minta Pemerintah Tentukan Standarisasi Harga Rapid Test Covid-19 Bamsoet Sambangi Kediaman SBY. ©2019 Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong pemerintah yakni Kementerian Kesehatan untuk menentukan standardisasi harga tes cepat Covid-19. Hal ini guna mencegah adanya komersialisasi tes virus corona.

"Mendorong pemerintah (Kementerian Kesehatan) segera menetapkan standar pembiayaan atau harga untuk tes Covid-19. Mengingat apabila standardisasi harga tersebut tidak segera ditetapkan, berpotensi membuka peluang komersialisasi yang akan membebani masyarakat khususnya masyarakat yang akan bepergian," kata Bamsoet, Rabu (8/7).

Bamsoet juga mendorong pemerintah meningkatkan pengawasan terhadap harga tes Covid-19. Dia tidak ingin rumah sakit swasta menjadikan tes covid sebagai lahan bisnis.

"Apabila standardisasi harga tes Covid-19 tidak memungkinkan untuk dilakukan, mengingat adanya peluang terjadinya penyimpangan dan komersialisasi tes Covid-19 yang dilakukan rumah sakit swasta akibat dari lemahnya peran pemerintah dalam mengatur dan mengawasi uji tes tersebut," ucapnya.

Politisi Partai Golkar itu pun meminta pemerintah menanggung semua biaya masyarakat yang membutuhkan layanan darurat kesehatan Covid-19.

"Mengimbau masyarakat, terutama kelompok rentan positif Covid-19 berdasarkan hasil tes dan membutuhkan layanan kesehatan darurat, agar langsung berobat ke rumah sakit rujukan pemerintah yang menangani Covid-19 agar segera mendapat pertolongan, dan semua biaya ditanggung oleh pemerintah," ucapnya. [ray]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini