Ketua MK: Perppu KPK Masih Diproses, Ikuti Perkembangannya

Senin, 4 November 2019 13:24 Reporter : Moh. Kadafi
Ketua MK: Perppu KPK Masih Diproses, Ikuti Perkembangannya Ketua MK Anwar Usman. ©2019 Merdeka.com/darmadi sasongko

Merdeka.com - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman mengungkapkan polemik Perppu Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih diproses di MK. Anwar mengatakan kewenangan Perppu KPK sepenuhnya ada di Presiden Jokowi.

"Itu kewenangan beliau (Jokowi) untuk menyampaikan begitu kan. Yang jelas Mahkamah Konstitusi sedang memproses itu. Tunggu saja," kata Anwar, usai acara The 3rd Indonesian Constitutional Court International Symposium (ICCIS 2019), Short Course and Call for Paper di Hotel The Apurva Kempinski, Nusa Dua, Badung, Senin (3/11).

"Sedang (berjalan), artinya sudah mulai, ikuti nanti perkembangannya. Jangan pendapat saya (soal Polemik). Hakim ketua MK tidak boleh mengomentari sebuah perkara yang sedang berjalan," tambah dia.

Presiden Jokowi mengatakan untuk saat ini dirinya tak akan menerbitkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu) untuk mencabut UU KPK hasil revisi. Jokowi mengaku menghormati proses uji materi UU KPK di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Kita melihat bahwa sekarang ini masih ada proses uji materi di MK. Kita harus menghargai proses-proses seperti itu," kata Jokowi saat berbincang dengan wartawan di Istana Merdeka Jakarta, Jumat (1/11/2019).

Menurut dia, tak elok apabila dirinya mengeluarkan Perppu sementara proses uji materi UU KPK di MK masih berlangsung. Jokowi menilai hal ini bagian sopan santun dalam bertata negara.

"Jangan ada, orang yang masih berproses, uji materi kemudian langsung ditimpa dengan sebuah keputusan yang lain. Saya kira kita harus tahu sopan santun dalam bertata negaraan," jelasnya. [ded]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini