Ketua MK Beri Mahar Seperangkat Alat Salat dan Jam Tangan ke Adik Jokowi

Selasa, 24 Mei 2022 18:01 Reporter : Arie Sunaryo
Ketua MK Beri Mahar Seperangkat Alat Salat dan Jam Tangan ke Adik Jokowi Undangan Pernikahan adik Jokowi. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Dua hari lagi Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman akan mempersunting adik Presiden Jokowi, Idayati. Beberapa mahar atau mas kawin akan diserahkan pria asal Bima kepada mempelai perempuan saat akad nikah atau ijab kabul, Kamis (26/5) lusa.

Saat ditemui wartawan hari ini, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Banjarsari, Arba'in Basyar, menceritakan terkait mahar yang sudah disiapkan calon mempelai pria. Tak hanya seperangkat alat salat yang biasa digunakan oleh calon mempelai pada umumnya, namun juga ada mahar lainnya.

"Untuk pernikahan besok mas kawinnya Insyaallah seperangkat alat salat dan sebuah jam tangan," ujar Arba'in Basyar, Selasa (24/5).

Meski demikian, Arba'in mengaku tidak mengetahui secara rinci jenis dan merek jam tangan yang diberikan Anwar untuk anak ketiga mendiang Sudjiatmi Notomiharjo itu.

"Kalau mereknya saya enggak tahu, untuk mahar tulisannya memang seperti itu," katanya.

Arba’in juga tak mengetahui mahar jam tangan tersebut pemberian dari Anwar atau bukan. Menurutnya, istilah mahar dan mas kawin itu sama.

"Saya kurang tahu, mahar itu permintaan atau bukan," kilahnya.

2 dari 2 halaman

Menurut Arba'in, untuk prosesi pernikahan akan diawali dengan pembukaan dilanjutkan penyerahan mas kawin. Dilanjutkan prosesi akad.

"Ada pembacaan kitab suci Alquran, kemudian khotbah nikah, akad nikah, pembacaan sigrodtaklik janji mempelai laki-laki ke perempuan, terus penandatanganan, penyerahan buku nikah dan selesai," jelasnya.

Hingga saat ini, lanjut dia, belum ada perubahan jadwal dan masih mengikuti jadwal pertama. Pada hari Rabu besok, lanjut dia, akan dilakukan pemeriksaan data atau jonggolan dan gladi bersih. Dalam acara tersebut Presiden Jokowi selaku wali nikah Idayati, dijadwalkan hadir.

"Belum ada perubahan, untuk gladi bersih kita yang ke sana," tutup dia. [eko]

Baca juga:
Pernikahan Adik Jokowi dengan Ketua MK Anwar Usman Berkonsep Jawa Klasik
Catat Warga Solo, Ini Rute Pengalihan Arus saat Pernikahan Ketua MK & Adik Jokowi
Gunakan Barcode Khusus, Ini Penampakan Undangan Pernikahan Adik Jokowi dan Ketua MK
Andika Perkasa dan Pratikno Jadi Saksi Pernikahan Adik Jokowi
Ketua MK Anwar Usman Jawab Tudingan 'Pernikahan Politik' dengan Adik Presiden Jokowi
Alasan Ketua MK Anwar Usman Jatuh Hati ke Adik Jokowi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini