Ketua MK Anwar Usman Lantik Aswanto Sebagai Wakilnya

Selasa, 26 Maret 2019 10:27 Reporter : Yunita Amalia
Ketua MK Anwar Usman Lantik Aswanto Sebagai Wakilnya Gedung Mahkamah Konstitusi. merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Ketua Mahkamah Konstitusi, Anwar Usman melantik Aswanto sebagai Wakil Ketua MK dengan masa jabatan 2019-2021. Keterpilihan Aswanto sebagai Wakil Ketua setelah melewati masa pemungutan suara sebanyak dua kali putaran.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban Wakil Ketua Konstitusi dengan sebaik-baiknya dan seadil adilnya memegang teguh undang-undang1945," ucap sumpah Aswanto, Selasa (26/3).

Acara pelantikan turut disaksikan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, cendekiawan muslim Jimmly Asshiddiqie, dan sejumlah tamu undangan lainnya. Ini merupakan kali kedua Aswanto menjabat sebagai Wakil Ketua. Di periode pertama, dia menjabat pada 21 Maret 2014 hingga 21 Maret 2019.

Di periode kedua, Aswanto bersaing dengan hakim konstitusi I Dewa Gede Palguna. Putaran pertama, keduanya mendapat suara imbang, sama-sama mendapat 4 suara dengan 1 abstain. Putaran kedua kembali dilakukan melalui voting. Hasil imbang kembali diterima keduanya. Namun I Dewa Gede Palguna mengundurkan diri dari pencalonan tersebut.

Aswanto sebelumnya telah membaca sumpah jabatan di Istana Negara di hadapan Presiden Joko Widodo, Kamis (21/3), bersama hakim konstitusi lainnya, Wahiduddin Adams.

Pengangkatan Aswanto dan Wahiduddin Adams berdasarkan keputusan Presiden nomor 32/P tahun 2019 tentang pengangkatan hakim konstitusi.

"Bahwa saya akan memenuhi kewajiban sebagai hakim konstitusi dengan sebaik-baiknya. Serta memegang teguh UUD 1945 dan menjalankan dengan seluruh-luruhnya menurut UUD kepada nusa dan bangsa," ucap Aswanto. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. Mahkamah Konstitusi
  2. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini