Ketua KPK: Tidak Sedikit Negara Gagal Wujudkan Tujuan Karena Perbuatan Korupsi

Rabu, 18 November 2020 13:33 Reporter : Merdeka
Ketua KPK: Tidak Sedikit Negara Gagal Wujudkan Tujuan Karena Perbuatan Korupsi KPK tahan tersangka korupsi PTDI. ©2020 Merdeka.com/Dwi Narwoko

Merdeka.com - Sebuah negara bisa dikatakan gagal bila penanganan kasus korupsinya lumpuh. Oleh sebab itu, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), menilai praktik korupsi merupakan ancaman serius di masyarakat.

"Tidak sedikit negara gagal dalam mewujudkan tujuannya karena perbuatan korupsi, karena itu pemberantasan korupsi menjadi penting karena korupsi adalah kejahatan yang serius dan menjadi ancaman masyarakat," ujar Firli saat acara Anti-Corruption Summit-4 disiarkan daring via YouTube Channel resmi KPK, Rabu (18/11).

Firli menambahkan, selain dinilai sebagai ancaman serius, korupsi juga dipandang bak kejahatan kemanusiaan. Sebagai ketua yang memimpin lembaga korupsi, Firli mengklaim siap membawa KPK lebih kuat dalam memberantas tindak pidana korupsi.

Firli mengakui, banyak alasan mengapa seseorang melakukan tindak pidana korupsi. Berdasar kajian KPK periode sebelumnya, Firli mengutip tiga pendekatan untuk memberantas korupsi.

"Pertama adalah pendekatan pendidikan masyarakat, kedua adalah pendekatan pencegahan, ketiga adalah pendekatan penindakan secara tegas," jelas dia.

Melalui hasil kajian itu, Firli meyakini saat ini diperlukan upaya pencegahan dalam rangka perbaikan sistem tata masyarakat. Tujuannya, agar korupsi tidak lagi terjadi di tengah masyarakat.

"Sehingga korupsi tidak lagi ada karena tidak ada peluang dan tidak ada kesempatan untuk melakukan korupsi," tegas Firli.

Reporter: M Radityo

Sumber: Liputan6.com [lia]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. KPK
  3. Firli Bahuri
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini