Ketua KPK Minta Ketua Umum Parpol Serius Tegakkan Sistem Integritas

Selasa, 4 Desember 2018 11:33 Reporter : Merdeka
Ketua KPK Minta Ketua Umum Parpol Serius Tegakkan Sistem Integritas Ketua KPK bersama mendagri dan ketua DPR. ©2018 Liputan6.com

Merdeka.com - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo mengundang 16 pimpinan partai politik dalam acara Hari AntiKorupsi Sedunia (Harkoda) di Hotel Bidakara Jakarta Selatan, Selasa (4/12). Agus berharap para ketum parpol berkomitmen menegakkan Sistem Integritas Partai Politik (SIPP) di internal masing-masing.

"Harapan kami pasti dengan teman-teman partai mau berkomitmen untuk menegakan sistem integritas di partai politiknya masing-masing," ujar Agus di lokasi.

Agus meyakini, penerapan sistem integritas dalam partai politik dapat memperbaiki sistem demokrasi di Indonesia. Sistem integritas ini antara lain, masalah kode etik, demokrasi internal partai, kaderisasi, rekrutmen, dan keuangan partai yang transparan dan akuntabel.

"Diharapkan perbaikan demokrasi di negara kita bisa terjadi dengan baik," kata dia.

Agus menerangkan SIPP ini merupakan kajian bersama antara KPK, akademisi, dan masukan dari partai politik. Dia berharap kehadiran para pimpinan partai politik ini bisa menghasilkan komitmen untuk memberantas korupsi.

"Mudah-mudahan nanti para pimpinan parpol berjanji atau membuat komitmen," ucapnya.

Pimpinan partai politik yang terlihat hadir diantara Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate, Ketua Umum Partai Hanura yang juga Ketua DPD Oesman Sapta.

Hadir juga beberapa menteri Kabinet Kerja, di antaranya Mendagri Tjahjo Kumolo, Menkumham Yasonna H Laoly. Selain itu terlihat hadir Jaksa Agung Muhammad Prasetyo, Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Reporter: Lizsa Egeham
Sumber: Liputan6.com [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini