Ketua Komite II DPD dukung pemerintah siapkan AMDAL RTB

Kamis, 16 April 2015 12:42 Reporter : Laurel Benny Saron Silalahi
Tanjung Benoa Bali. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Komite II Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) mendukung rencana pemerintah untuk melakukan Revitalisasi Teluk Benoa (RTB), Bali, dalam waktu dekat ini. Ketua Komite II DPD RI, Parlindungan Purba meminta kepada Direktur Jenderal KP3K Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), untuk segera mempersiapkan analisis dampak lingkungan (AMDAL).

"Tentu untuk mengurus AMDAL tidak sederhana dan masih membutuhkan serangkaian konsultasi publik. Setelah semuanya dilengkapi, DPD sepenuhnya menyerahkan kepada pemerintah," kata Parlindungan Purba di Gedung DPR Senayan, Jakarta, Kamis (16/7).

Dia melanjutkan, DPD sepakat dan mendukung pembangunan, asal tidak bertentangan dengan pelestarian lingkungan dan budaya. Dari pemaparan pihak PT TWBI, katanya, sekilas tampak sudah bagus dan layak untuk dilanjutkan pembangunan. Tetapi karena masih ada pihak yang belum setuju maka diperlukan mediasi.

"Jadi, selama itu untuk pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat serta tidak melanggar peraturan perundang-undangan maka kami (DPD) dukung. Namun, pihaknya menyerahkan kepada pemerintah, karena pemerintah juga tidak akan berani melanjutkan proses, termasuk menerbitkan AMDAL jika semua syarat dan ketentuan peraturan perundang-undangan belum dilengkapi," katanya.

Disinggung sikap DPD, Purba terkesan menjawabnya diplomatis. Dia mengaku, DPD tidak dalam kapasitas mendukung RTB atau tidak. Tetapi hanya memediasi antar kedua belah pihak agar memiliki persepsi dan tujuan yang baik untuk masyarakat Bali dan Indonesia.

"Sepertinya makin lama keduanya sudah mulai saling memahami. Kami serahkan ke Pemerintah Pusat dan Daerah agar masalah ini tidak berlarut-larut dan secepatnya selesai. Sebaiknya yang mendukung maupun menolak mau saling membuka diri dan duduk bersama untuk berdiskusi lebih dalam lagi. Saya yakin akan ada titik temu," katanya. [dan]

Topik berita Terkait:
  1. Reklamasi Tanjung Benoa
  2. Jakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.