Ketua Komisi III DPR: Komjen Listyo Sigit Mampu Rangkul Semua Golongan di Polri

Rabu, 13 Januari 2021 15:20 Reporter : Ahda Bayhaqi
Ketua Komisi III DPR: Komjen Listyo Sigit Mampu Rangkul Semua Golongan di Polri RDP bahas kasus penjualan kondensat. ©2020 Liputan6.com/JohanTallo

Merdeka.com - Ketua Komisi III DPR RI Herman Herry menilai, calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo merupakan sosok jenderal muda yang reformatif. Nama Sigit diajukan oleh Presiden Jokowi sebagai calon tunggal Kapolri ke DPR.

"Pandangan kami di Komisi III, figur Listyo Sigit adalah figur reformatif. Kami berharap jenderal muda ini bisa membawa pembaharuan di tubuh Polri," ujar Herman kepada wartawan, Rabu (13/1).

Lebih lanjut, Herman menilai, Sigit merupakan seorang pimpinan Polri yang bisa mengakomodir semua pihak. Serta mempersatukan dan mensolidkan institusi Polri.

"Jenderal muda ini bisa menjadi seorang pimpinan Polri yang negarawan, yang bisa mengakomodir semua pihak. Artinya semua angkatan di Polri dengan sistem profesional dan bisa merangkul senior dan junior, mempersatukan dan mensolidkan institusi Polri, itu harapan kami," jelasnya.

Herman mengatakan, dalam rapat internal Komisi III, anggota dewan mengharapkan Sigit melakukan terobosan dan pembaharuan. Dia mengatakan, sosok Sigit diterima Komisi III DPR.

"Sejauh ini dari hasil rapat internal kami, mayoritas anggota komisi berharap betul kepada pak Listyo Sigit untuk melakukan terobosan-terobosan pembaharuan. Artinya mayoritas Komisi III menerima dan berharap," kata politikus PDIP ini.

Meski begitu, Sigit masih perlu mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test). Semua tergantung hasilnya nanti.

"Karena dalam fit and proper test akan kita lakukan secara profesional dan terbuka. Dan di situ publik bisa melihat apa yang dipertanyakan, apa yang menjadi komitmen, dan bagaimana jalannya fit and proper test tersebut. Lalu hasilnya nanti akan kita lihat sama-sama nanti," pungkasnya. [rnd]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini