Ketua DPRD Banten Sebut Wakil Rakyat Gadai SK untuk Pinjam Uang Tak Langgar Aturan

Selasa, 10 September 2019 15:23 Reporter : Dwi Prasetya
Ketua DPRD Banten Sebut Wakil Rakyat Gadai SK untuk Pinjam Uang Tak Langgar Aturan ilustrasi uang. ©2013 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Ketua DPRD Banten Andra Soni angkat bicara dengan banyaknya anggota DPRD baru menggadaikan SK pengangkatan untuk meminjam uang ke bank. Menurutnya, keputusan anggota dewan gadai SK tidak menyalahi aturan.

"Ini adalah hak pribadi dari masing-masing (anggota dewan) untuk mengelola keuangannya dan tentunya tanggung jawab pribadi kepada pemberi kredit. Yang pasti itu (gadai SK) tidak melanggar aturan," kata Soni kepada wartawan, Selasa (10/9).

Dia mengakui pernah menggadaikan SK anggota DPRD miliknya untuk meminjam uang ke bank.

"Bahwa ini fenomena. Saya akui juga pada periode yang lalu saya salah satu yang menggunakan fasilitas itu. Dan alhamudlillah fasilitas itu dimanfaatkan maksimal daripada ke rentenir," ujarnya.

Sebelumnya, sebanyak 20 anggota DPRD Banten yang baru sepekan dilantik langsung menggadaikan SK pengangkatan sebagai wakil rakyat ke Bank Banten dan Bank BJB.

Besaran pinjeman pun bervariasi tergantung pengajuan dari masing-masing anggota DPRD Banten. Dari Rp500 juta hingga Rp1 miliar. "Tidak mungkin kan puluhan juta pasti ratusan juta," tandasnya. [ray]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini