Ketua DPR soal calon Kapolri: Presiden tahu apa yang harus dilakukan

Selasa, 14 Juni 2016 22:15 Reporter : Supriatin
Ketua DPR soal calon Kapolri: Presiden tahu apa yang harus dilakukan Ade Komarudin. ©dpr.go.id

Merdeka.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Ade Komarudin mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengetahui apa yang harus diputuskan terkait pergantian Kapolri Jenderal Badrodin Haiti. Oleh karena itu, dia tak ingin mendesak Presiden untuk segera menentukan apakah Jenderal Badrodin diganti atau diperpanjang.

"Kita percaya Presiden tahu apa yang harus dilakukan. Jadwalnya kan Presiden juga tahu, pasti tahu dong jadwal pensiunnya, tahapannya juga beliau pasti tahu," kata Ade di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (14/6).

Hingga saat ini, tegas Ade, lembaga wakil rakyat yang berada di Kompleks Senayan masih menunggu surat dari Presiden Jokowi.

"DPR belum bersikap apa-apa karena belum diambil kesimpulan apakah perpanjangan atau apa. Posisinya kan menunggu, Presiden yang punya kewenangan, sampaikan ke dewan, barulah dewan nanti yang akan bahas hal itu," sambungnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengatakan akan memutuskan siapa calon pengganti Kapolri sebelum masa reses DPR.

"Oh ya, nanti sebelum reses," kata Jokowi saat kunjungan kerja ke Bali, Sabtu (11/6)

Hal ini dibenarkan Ketua Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Luhut Binsar Panjaitan.

"Bisa terjadi ya (serahkan nama Kapolri sebelum reses DPR). Kita liat saja," ujar Luhut di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (13/6). [sho]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini