Ketua DPR sebut tak mungkin arus mudik zerro accident

Rabu, 6 Juli 2016 10:43 Reporter : Fikri Faqih
Ketua DPR sebut tak mungkin arus mudik zerro accident macet mudik 2016. ©Twitter

Merdeka.com - Beberapa waktu lalu Ketua DPR Ade Komarudin melakukan peninjauan arus mudik melalui pantauan udara di kawasan Brebes Timur dan Pejagaan, Jawa Tengah yang menjadi simpul kemacetan parah pada arus mudik Lebaran tahun ini. Berdasarkan informasi yang diterimanya, terjadi penurunan angka kecelakaan pada arus mudik tahun ini sebesar 40 persen dibanding tahun sebelumnya.

"Kalau saya lihat dari apa yang jadi evaluasi soal mudik, yang saya tahu ada penurunan kecelakaan 40 persen dari tahun lalu. Artinya ada upaya perbaikan dari hal ini," katanya usai Salat Id di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (6/7).

Akom sapaan akrabnya mengharapkan, pemerintah terus melakukan evaluasi agar arus mudik Lebaran tahun depan bisa lebih baik. Jangan sampai terjadi peningkatan kemacetan atau kecelakaan.

"Kalau zero accident itu saya kira enggak mungkin lah dengan jumlah pemudik yang besar. Itu cita-cita yang utopia, pasti ada saja (kecelakaan). Tapi jangan sampai tiap tahun bertambah besar. Ini harus ada peningkatan di masa datang," tegasnya.

Menurutnya, bukan persoalan mudah menyelesaikan kemacetan saat arus mudik Lebaran. Meski sudah melakukan pengembangan infrastruktur jalan tol, seperti pintu keluar tol Brebes, penumpukan kendaraan tak terhindarkan.

"Di sana dulu (tahun lalu) di Cikopo yang jadi sumber kemacetan. Sekarang di Brebes Timur. Nanti kalau dibangun lagi sampai Pemalang, nanti di Pemalang pasti macet, artinya akan terus seperti itu," terang politisi Golkar ini. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. Mudik Lebaran 2016
  2. Arus Mudik
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini