Ketua DPR Minta Jokowi Segera Kirim Surat Amnesti Baiq Nuril

Jumat, 12 Juli 2019 14:49 Reporter : Sania Mashabi
Ketua DPR Minta Jokowi Segera Kirim Surat Amnesti Baiq Nuril Baiq Nuril di DPR. ©Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo (Bamsoet) berharap bisa segera menerima surat amnesti Baiq Nuril dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Dia berharap surat tersebut bisa diterima pada Senin (15/7).

"Saya berharap surat dari presiden bisa kita terima hari Senin. Sehingga Selasa bisa kita umumkan di paripurna bahwa kita telah menerima surat terkait Baiq Nuril," kata Bamsoet di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (12/7).

Setelah surat masuk, DPR lanjutnya, akan segera membawanya ke rapat Badan Musyarawah (Bamus). Kemudian diserahkan lagi ke Komisi III untuk ditindaklanjuti.

"Lalu kemudian, segera kita gelar rapat Bamus, memberikan penugasan kepada Komisi III untuk memberikan pertimbangan kepada presiden," ungkapnya.

Sementara itu, Jokowi mengaku belum menerima pengajuan amnesti atas nama Baiq Nuril. Jokowi menjamin akan segera memproses hal tersebut jika surat tersebut sampai di mejanya.

"Belum sampai meja saya," kata Jokowi.

Sebelumnya, terpidana kasus UU ITE, Baiq Nuril Maknun menaruh harapan besar kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk mendapatkan keadilan. Hal itu terlihat dari surat untuk Jokowi yang ditulis tangan oleh Baiq Nuril.

Dalam surat yang beredar luas itu, Baiq Nuril berharap Presiden memberikan amnesti kepada dirinya. Sebab, itu merupakan harapan terakhir Baiq Nuril setelah upaya Peninjauan kembali (PK) ditolak Mahkamah Agung (MA).

"Salam hormat untuk Bapak Presiden. Bapak Presiden PK saya ditolak. Saya memohon dan menagih janji bapak untuk memberikan amnesti, karena hanya jalan ini satu-satunya harapan terakhir saya. Hormat saya, B. Nuril Maknun," tulis Baiq Nuril pada sebuah kertas, Sabtu (6/7). [rnd]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini