Ketua DPR Imbau Massa Aksi 22 Mei Tetap Tertib Berdemo di KPU dan Bawaslu

Rabu, 22 Mei 2019 10:16 Reporter : Sania Mashabi
Ketua DPR Imbau Massa Aksi 22 Mei Tetap Tertib Berdemo di KPU dan Bawaslu Demo di Bawaslu. ©2019 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo mengimbau masyarakat berdemo dengan tertib dan tidak bertindak anarkis di KPU dan Bawaslu. Menurutnya, aksi yang anarkis justru akan merugikan diri sendiri dan masyarakat.

"Saya juga mengimbau kepada massa yang melakukan demo di KPU dan Bawaslu untuk tetap tertib dan damai," kata Bamsoet dalam keterangan tertulisnya, Rabu (22/5).

Bamsoet menyarankan pihak yang keberatan dengan hasil Pilpres 2019 untuk menempuh jalur sesuai dengan Undang-Undang. Dia pun meminta para elite politik ikut menjaga suasana agar kondusif.

"Kita tentu tidak ingin melihat terjadinya konflik horizontal akibat ketidaksepahaman dalam menyikapi hasil pemilu," ungkapnya.

Dia juga mengingatkan kepada aparat yang berjaga di lapangan agar tidak terprovokasi oleh massa. Aparat diminta terus mewaspadai keberadaan provokator atau penumpang gelap dalam aksi tersebut.

"Aparat walau dalam kondisi lelah, harus tetap humanis namun tegas dalam menegakan peraturan dan perundang-undangan terkait penanganan ketertiban umum dan keamanan negara," imbuh Bamsoet.

Selain itu, Politikus Partai Golkar ini memuji sikap Capres-Cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno yang memilih untuk menempuh jalur Mahkamah Konstitusi (MK) untuk mengatasi sengketa Pilpres 2019. Serta sikap PAN Demokrat yang menghargai hasil pilpres yang diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Saya memberikan apresiasi kepada sikap kenegarawanan Bapak Prabowo yang telah mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi dan menghimbau para pendukungnya agar tetap tenang dan menempuh jalur konstitusi," tandasnya. [ray]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini