Hot Issue

Ketika Hoaks Berujung Penyerangan dan Pembakaran Polsek Ciracas

Minggu, 30 Agustus 2020 10:13 Reporter : Tim Merdeka
Ketika Hoaks Berujung Penyerangan dan Pembakaran Polsek Ciracas Penyerangan Polsek Ciracas. ©2020 Istimewa

Merdeka.com - Polsek Ciracas dibakar lagi. Peristiwa yang terjadi Sabtu (29/8) sekira pukul 01.00 Wib membuat kantor polisi yang terletak di Jalan Raya Bogor, Jakarta Timur itu porak poranda.

Massa yang diperkirakan berjumlah 100 orang merangsek masuk. Merusak sejumlah fasilitas, kendaraan dinas bahkan mobil Wakapolsek tak luput dari amukan massa.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan para pelaku menumpangi sepeda motor. Begitu tiba di Polsek Ciracas, massa langsung merusak kendaraan hingga membakarnya.

"Merusak ada dua kendaraan, dipecah kacanya, satu bus, satu mobil dinas. Kemudian membakar dua mobil, satu mobil patroli, satu mobil Wakapolsek, terus merusak kaca lah kaca Polsek ini," katanya.

Peristiwa itu terekam CCTV yang ada di lokasi. Berangkat dari rekaman, penyidik gabungan TNI-Polri mengebut proses penyelidikan.

Alhasil, enam orang anggota TNI diperiksa.

Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman menyampaikan, awal mula terjadinya pengerusakan di kawasan Ciracas, Jakarta Timur, hingga pembakaran Polsek Ciracas dipicu pengakuan palsu anggota TNI berinisial Prada MI.

"Dari hasil investigasi untuk sementara dari handphone yang bersangkutan menyampaikan di grup angkatannya 2017 dari Tamtama menyampaikan yang bersangkutan itu adalah dikeroyok, bukan kecelakaan tunggal," tutur Dudung saat konferensi pers.

Sebelumnya Dandim 0505/JT Kolonel Inf Rahyanto Edy Yunianto sudah menerangkan bahwa peristiwa yang sebenarnya terjadi adalah kecelakaan tunggal. Namun informasi yang disampaikan Prada MI kepada rekan-rekannya tidak benar. Info itu justru membuat massa semakin marah.

"Dandim di lokasi dia menyampaikan bahwa Prada MI ini betul-betul kecelakaan tunggal dan mereka tidak terima informasi dari Dandim tersebut. Dan mereka melarikan diri menuju ke Polsek Pasar Rebo melakukan pengerusakan dan lanjut ke Polsek Ciracas," jelas dia.

Berdasarkan hasil CCTV, visum, dan pengakuan Prada MI, kejadian yang sebenarnya adalah kecelakaan tunggal. Informasi diperoleh, kecelakaan itu terjadi Kamis (27/8).

Baca Selanjutnya: Senada Kapolda Metro Jaya Irjen...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini