Keterlibatan Asing di Papua, Fadli Zon Kritik Kapolri Sudah Kayak Pengamat

Selasa, 3 September 2019 13:49 Reporter : Sania Mashabi
Keterlibatan Asing di Papua, Fadli Zon Kritik Kapolri Sudah Kayak Pengamat Wakil Ketua DPR Fadli Zon. ©2019 Merdeka.com/Ronald

Merdeka.com - Wakil Ketua DPR Fadli Zon menilai ucapan Kapolri Jenderal Tito Karnavian soal dugaan adanya keterlibatan asing dalam kisruh di Papua menimbulkan kebingungan di masyarakat. Sebab pernyataan semacam itu lebih seperti pengamat dibanding pemerintah.

"Ya harusnya pemerintah harusnya menyerap semua aspirasi dan kalau ada gejala ada yang menunggangi pihak ketiga, ada aktor intelektual, atau pihak asing, itu yang harus diatasi pemerintah. Bukan membuat statement dan menyampaikan ke publik seperti pengamat," kata Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (3/9).

Fadli mengatakan seharusnya Kapolri langsung mengambil tindakan jika ada indikasi keterlibatan asing sebelum memberikan pernyataan ke masyarakat. Serta mengusahakan membuat suasana di Papua semakin kondusif.

"Jadi ya, harus pemerintah mengambil tindakan, merespons, mengendalikan situasi untuk memulihkan keadaan. Saya tidak melihat pemulihan itu maksimal karena kerusuhan masih terjadi di berbagai tempat," ucapnya.

Sebelumnya, Polri masih mendalami dugaan keterlibatan pihak asing yang menjadi provokator dalam aksi demo berujung kerusuhan di Papua dan Papua Barat. Polri dibantu Kemenlu dan BIN dalam mengusut kasus ini.

"Enggak bisa saya sebutkan di sini sedang dilakukan pendalaman. Pendalaman juga bukan hanya kepolisian karena enggak maksimal, tetapi ada pihak dari Kemenlu, BIN dan seluruh instansi terkait," kata Kadiv Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal di Humas Polri. [eko]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini